Jakarta – Menteri Pertahanan Jenderal Prabowo Subianto dikabarkan bertemu dengan pejabat Pentagon, US Under Secretary of Defense for Policy, James H. Anderson.

Dalam twitter resmi Kementerian Pertahanan AS, keduanya bertemu terkait kerja sama di bidang pertahanan dan kebebasan navigasi di Asia Pasifik.

“Acting USDefense Policy, James H. Anderson melakukan rapat yang sangat produktif dengan Menteri Pertahanan #Indonesia @prabowo,” cuit akun resmi itu, Jumat (19/9/2020).

 

Hal senada juga dibenarkan Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak. Meski kunjungan itu disebutnya hal biasa, namun ketegangan Laut China Selatan (LCS) juga dibahas.

“Yang bersangkutan menemui Pak Prabowo, kunjungan biasa,” ujarnya saat dikonfirmasi CNBC Indonesia.

“Bila terkait LCS sikap kita selalu sama dengan kunjungan dari kedua belah pihak yakni China dan US, selalu mengajak untuk menahan diri. Dialog dan menjaga perdamaian menghindari perang. Dan posisi Indonesia selalu sprt posisi yg banyak sudah dijelaskan, bebas aktif dan tak terlibat aliansi mana pun.”

Selain itu, perwakilan Pentagon juga mendatangi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Dalam cuitannya Twitter @Puspen_TNI mengatakan delegasi Kemhan AS menyambangi Merdeka Barat.

Dalam rilis TNI disebutkan Hadi dan Anderson juga membahas penanganan pandemi Covid-19. Kedua pejabat berharap pandemi dapat segera berakhir, sehingga berbagai kegiatan bilateral dapat kembali dilanjutkan.

Pertemuan berlangsung dengan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19). LCS juga dibahas di mana TNI menekankan kembali pentingnya perdamaian dan saling menghormati.

 

 

Editor : Aron

Sumber : cnbcindonesia