Jakarta – Ada begitu banyak dongeng yang tercipta di Indonesia, mulai dari dongeng Siput Pekerja Keras, Kancil dan Kura-kura, Si Kelingking, dan masih banyak lainnya. Cerita yang penuh dengan fantasi ini memang kerap digunakan orang tua sebagai pengantar tidur Si Buah Hati.

Sebab selain cerita yang menarik, dongeng juga bisa menjadi media untuk mengajarkan nilai-nilai positif selama masa perkembangan Si Buah Hati. Tak heran jika dongeng menjadi cerita yang akan melekat di benak bahkan saat Si Buah Hati beranjak dewasa.

Berbicara soal dongeng populer, berikut ini 5 dongeng yang paling terkenal di Indonesia.

Kancil dan Kura-kura

Kancil yang sedang mencari makan di hutan mendengar suara tangisan Kura-kura. Dia bersedih karena Monyet mengejeknya lambat. Tiba-tiba dari balik semak-semak datanglah Harimau yang ingin memangsa mereka. Kancil berlari kencang, sedangkan Monyet melompat dari dahan ke dahan. Lalu, bagaimana dengan Kura-kura? Apakah ia berhasil menyelamatkan dirinya?

Ande Ande Lumut

Suatu ketika kerajaan diserang, Dewi Sekartaji menyelamatkan diri ke hutan dan menyamar sebagai gadis desa. Setelah kerajaan aman, suaminya, Panji Asmarabangun, menyamar sebagai Ande-Ande Lumut dan berpura-pura mengadakan sayembara pencarian jodoh untuk menemukan istrinya. Apakah mereka bisa kembali bertemu dan hidup bahagia di kerajaan?

Sura dan Baya

Dahulu kala dua hewan selalu bertengkar, mulai dari berebut makanan, hingga berebut wilayah. Mereka adalah Sura si Hiu dan Baya si Buaya. Suatu hari keduanya bertengkar dengan hebat, saling menyakiti satu sama lainnya. Lantaran sama-sama kuat, mereka pun akhirnya kelelahan. Bagaimana kelanjutannya, apakah mereka akan terus bermusuhan atau malah jadi bersahabat?

Katak dalam Sumur

Dua ekor katak terjebak di dalam sumur, mereka adalah Katak Merah dan Katak Hijau. Mereka berusaha untuk keluar dari sumur dengan cara melompat. Lantaran belum berhasil juga, Katak Merah menyerah dan menerima nasibnya, sedangkan Katak Hijau terus berusaha. Katak Merah malah mengoceh agar Katak Hijau menyerah. Lalu, apakah Katak Hijau akan ikut menyerah?

Cermin Ajaib

Di sebuah negeri yang makmur, Sang Raja mencari pewaris takhta menggunakan cermin ajaib. Ketika cermin itu memperlihatkan ketiga anaknya tidak pantas menjadi raja karena punya sifat yang sombong dan serakah, ia akhirnya mengadakan sayembara. Siapakah sosok berhati tulus dan peduli terhadap kesejahteraan rakyat, yang berhasil memenangkan hati Sang Raja?

Bunda ingin tahu lebih banyak tentang referensi dongeng-dongeng terbaik di Indonesia? DANCOW Nutritods tahun ini memperkenalkan lagi kumpulan cerita asli Indonesia. selain menghadirkan 15 seri kartu dongeng, ada juga versi Augmented Reality (AR) dan video animasi yang dapat diakses melalui website DANCOW Parenting Center. Kumpulan dongeng DANCOW ini akan membantu Bunda menstimulasi Si Buah Hati dalam perkembangan 5 dimensi yaitu kesehatan, bahasa, motorik, kognitif, dan sosialisasi.. Melalui dongeng asli Indonesia ini, Si Buah Hati dapat mengetahui beragam cerita rakyat yang menarik dan berasal dari negeri sendiri.

Yuk Bun, bantu optimalkan stimulasi Si Buah Hatidan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan kumpulan Dongeng Aku dan Kau! Untuk melihat video tentang 15 Dongeng Aku dan Kau dan serta mengenal lebih jauh tentang karakternya, Bunda dapat langsung kunjungi websitenya di sini.

 

Editor : Aron

Sumber : detik