Jakarta¬†–¬†Peraturan baru tentang Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa)¬†bakal membuat seragam satpam menjadi berwarna coklat mirip dengan polisi. Asosisasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) berjanji tidak akan ada satpam yang memanfaatkan kemiripan seragam dengan polisi itu untuk menakuti masyarakat.

“Satpam kan adanya di wilayah kerjanya. Kalau dia pakai baju satpam kemudian dia menindak orang, memeras orang di luar, nggak bisa,” kata Ketua APSI Aziz Said saat dihubungi, Selasa (15/9).

Ia mengatakan perubahan warna seragam mirip polisi itu hanya untuk membedakan antara satpam perumahan dan satpam perkantoran. Ia menyebut seragam coklat mirip polisi itu nanti hanya dipakai satpam di perkantoran.

“Yang satpam perumahan itu namanya nanti Satkampling seragamnya itu biru muda dan biru tua. Dan satpam yang di perkantoran seragamnya coklat yang mirip polisi,” sebutnya.

Selain itu, Aziz menyebut warna coklat pada seragam satpam yang baru juga berbeda dengan seragam polisi. Aziz mengatakan pada seragam satpam juga tidak ada label pangkat seperti polisi.

“Masyarakat juga harus mulai paham, membeda antara satpam dan polisi. Kan kepangkatannya juga beda,” tuturnya.

Untuk diketahui, Jenderal Idham Azis telah menerbitkan aturan terbaru soal Pam Swakarsa. Aturan Pam Swakarsa baru adalah Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Pam Swakarsa dapat berupa pecalang hingga kelompok masyarakat yang dikukuhkan kepolisian. Perkap ini ditandatangani oleh Kapolri pada 5 Agustus 2020.

Aturan baru Pam Swakarsa itu menjadi sorotan publik, salah satunya terkait perubahan warna seragam satpam. Dalam aturan itu, warna seragam satpam mengalami perubahan hingga mirip dengan seragam polisi.

Jadi sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa bahwa ada perubahan warna seragam satpam. Jadi terdapat 5 jenis pakaian dinas anggota satpam disertai dengan pangkatnya, pakaian dinas harian atau PDH, pakaian dinas lapangan khusus atau PDLSus, pakaian dinas lapangan satu atau PDL Satu, pakaian sipil harian atau PSH, pakaian sipil lengkap atau PSL,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/9).

 

Editor : Aron

Sumber : detik