Jakarta – Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Ridwan Kamil (RK), hari ini, Senin (14/9), akan menjalani penyuntikan vaksin Sinovac kedua, di Puskesmas Garuda Kota Bandung.

Selain Ridwan Kamil, tiga pejabat dari berbagai institusi yang menjadi relawan ini akan diberikan suntikan dosis vaksin tahap kedua oleh tenaga medis.

Berdasarkan agenda yang disampaikan Biro Humas Pemprov Jabar, Emil, sapaan Ridwan Kamil, akan menjalani suntik vaksin di Puskesmas Garuda Kota Bandung. Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 13.00-15.00 WIB.

“Kami pimpinan terus menjaga kondisi karena tanggal 14 September nanti kami yang jadi relawan vaksin akan dites yang kedua,” ujar Emil dalam jumpa pers virtual di Makodam III/Siliwangi, Rabu (9/9) lalu.

Setelah penyuntikan vaksin ini, Emil mengaku akan kembali lagi ke Puskesmas Garuda dua pekan setelahnya untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes darah. Ia juga diminta kembali datang pada Desember.

“Mohon doanya uji klinis ini berhasil sehingga kita bisa memproduksi dan memberikan vaksinasi kepada warga Jawa Barat dan Indonesia,” ucap dia.

Untuk diketahui, proses uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac oleh BUMN Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Unpad ini berlangsung dalam lima tahap kunjungan selama kurang lebih enam bulan atau hingga akhir 2020.

Jika uji klinis berjalan lancar, rencananya vaksin Sinovac akan mendapat izin edar dan diproduksi massal di awal 2021.

Sebelumnya, Emil dan para pejabat di Jabar yang menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 telah menjalani penyuntikan pertama vaksin pada Jumat (28/8) lalu.

 

Editor : Aron

Sumber : cnnindonesia