Demak – Wakil Bupati petahana Demak Joko Sutanto dinyatakan tak lolos tes kesehatan untuk maju Pilkada Demak 2020. Parpol koalisi pun mendapuk tokoh NU, Ali Mahsun sebagai pasangan dr Eisti’anah untuk maju ke Pilbup Demak.

“Kita mengambil dari warga nahdliyin,” ungkap Ketua Koalisi Tim Parpol Pengusung Esti’anah, Fahrudin Bisri Slamet saat dihubungi, Minggu (13/9).

Sementara Sekretaris DPC PKB Demak Zayinul Fata menuturkan Ali Mahsun merupakan salah satu tokoh partainya sekaligus pengasuh pondok pesantren. Ali Mahsun merupakan Ketua Dewan Syuro DPC PKB Demak.

“(Ali Mahsun) Rois Syuriah NU Mranggen, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Demak. Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin, Suburan, Mranggen, Demak,” terang Fata.

Slamet mengaku tak menduga Joko Sutanto tak lolos kesehatan oleh KPU. Enam parpol koalisi bisa segera menemukan kata sepakat dan mendapuk Ali Mahsun sebagai pengganti Joko Sutanto. Nama Ali Mahsun, lanjut Slamet, tak mendapat perdebatan alot dari para partai pengusung, PDIP, PKB, Golkar, Demokrat, PPP, dan PAN.

“Terkait Pak Joko tidak lolos itu tidak kita prediksi tapi itu yang terjadi. Mestinya kita harus bisa menganalisa siapa yang menggantikan Pak Joko. Dari hasil diskusi, analisa, terkait bagaimana kita bisa menang, yang terbaik ya Pak Ali Mahsun,” tutur Ketua DPC PDIP Demak itu.

“Mau tidak mau kita harus mengganti, dan alhamdulillah dalam waktu yang singkat, kita bisa mendapatkan seorang calon wakil bupati dan beliau (Ali Mahsun) juga berkenan bisa mewakili Mbak Eisti,” tuturnya.

Dia pun memastikan persyaratan kesehatan juga telah dipenuhi Ali Mahsun. Dia optimistis Ali Mahsun lolos persyaratan maju Pilkada Demak 2020. Pihaknya segera menyerahkan persyaratan formulir ke KPU secepatnya.

“Artinya semua persyaratan itu dibutuhkan, terutama terkait yang tidak memenuhi syarat itu kan di kesehatan. Insyaallah untuk Kiai Ali bisa lolos,” jelasnya.

Senada juga disampaikan Fata, dia yakin parpol koalisi bakal solid memenangkan Eisti dan Ali Mahsun. Dia juga optimistis pasangan Eisti dan Ali Mahsun bisa menang Pilkada Demak 2020.

“Insyaallah dari segi kekuatan koalisi tidak akan mengurangi kesolidan kekuatan koalisi. Kompak dan solid untuk mengusung mbak Eisti dan Pak Haji Ali Mahsun, selaku pengganti Pak Joko Sutanto,” ujar Fata.

“Kita berdoa, semoga mudah-mudahan duet mbak Eisti dan Pak Ali Mahsun (Eisti-Alim) ini bisa memberikan satu kepemimpinan yang alim, yang ramah, yang santun, dan bisa membawa perubahan untuk Demak ke depan,” ujar Wakil Ketua DPRD Demak tersebut.

 

Editor : Aron

Sumber : Detik