KPK menyampaikan perkembangan hasil swab test COVID-19 yang telah dijalani oleh seluruh karyawan maupun pihak terkait. Saat ini total ada 69 pegawai KPK terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19).

“Informasi yang kami terima saat ini terkait perkembangan hasil swab di lingkungan KPK sementara adalah sebagai berikut: total konfirmasi positif 69,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Minggu (13/9).

Ali memerinci, dari 69 yang dinyatakan positif COVID-19, sebanyak 31 orang dinyatakan sembuh dan 38 orang sedang menjalani isolasi mandiri. Hingga kini, pihaknya masih menunggu keluarnya seluruh hasil swab test yang dilakukan sejak Senin (7/9) hingga Jumat (11/9).

“Kami juga masih menunggu seluruh hasil tes swab terhadap pegawai dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK yang telah dilakukan sejak Senin sampai Jumat, 7 sampai 11 September 2020, dengan jumlah peserta 1.901 orang,” ungkapnya.

Selain itu, KPK pun terus melakukan sejumlah upaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona, di antaranya rutin menyemprotkan disinfektan di tiga lokasi, yaitu gedung KPK Kuningan C1, gedung KPK Merah Putih K4, dan Rutan Guntur Pomdam Jaya.

Ali memastikan Corona tidak menghalangi penyelesaian perkara di KPK. Dia mengimbau kepada seluruh pegawai dan pihak-pihak terkait yang berada di lingkungan KPK agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Penyelesaian perkara oleh KPK harus tetap dilakukan dalam situasi pandemi saat ini sekalipun harus berhadapan dengan situasi yang penuh risiko. Hal ini karena, menurut ketentuan UU, ada batasan waktunya, sehingga tentu akan tetap segera diselesaikan tetapi dengan protokol kesehatan ketat, baik itu terhadap saksi dan tersangka yang diperiksa maupun para penyidik KPK,” ujarnya.

“KPK berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya salah satu penyidik terbaiknya, Minggu, 13 September 2020, jam 15.03 WIB atas nama Kompol Pandu Hendra Sasmita, yang wafat akibat sakit,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Minggu (13/9).Diberitakan sebelumnya, seorang penyidik KPK meninggal dunia atas nama Kompol Pandu Hendra Sasmita. Dia sempat dinyatakan positif tertular virus Corona dan mengalami kondisi kritis.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews