Anjing dikenal sebagai hewan yang pintar dan kuat, bahkan tak heran jika anjing dengan jenis-jenis tertentu kerap diikutsertakan dalam dunia militer.

Sosok anjing ini lah yang membuat Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) yang telah menguji coba robot anjing untuk membantu melindungi pangkalan mereka.

Dilansir Ubergizmo, robot anjing ini dinamai Vision 60 yang dikembangkan oleh perusahaan Ghost Robotics. Mereka juga disebut sebagai Unmanned Ground Vehicle (Kendaraan Darat Tak Berawak).

Robot anjing ini nantinya akan dapat digunakan untuk kontrol jarak jauh, bersama dengan misi intelijien, pengawasan, pengintaian, pemetaan, komunikasi dan keamanan.

Sebagai pengembang Ghost Robotics menggembar-gemborkan bahwa kemampuan robot anjing ini tak terhentikan.

“Di luar stabilitas dan pengoperasian semua medan di hampir semua lingkungan, prinsip desain inti untuk robot berkaki kami mengurangi kompleksitas mekanis jika dibandingkan dengan robot berkaki lainnya, dan bahkan UGV beroda tradisional.” ujar juru bicara Ghost Robotics.

“Dengan mengurangi kerumitan, kami secara inheren meningkatkan daya tahan, kelincahan, dan daya tahan, serta mengurangi biaya untuk menerapkan dan memelihara robot darat,” sambungnya

Meskipun kendaraan darat tak berawak bukanlah hal baru, fakta bahwa robot Vision 60 ini kecil dan modular membuat mereka lebih fleksibel dan lebih mudah untuk digunakan.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews