Setelah meluncurkan Mi TV Stick secara global pada Juli 2020, Xiaomi akhirnya membawa ‘tongkat sulap’ TV itu ke Indonesia. Dengan Mi TV Stick, kamu bisa mengubah TV jadul menjadi smart TV dalam waktu beberapa detik saja. Menariknya, perangkat tersebut dijual murah di bawah Rp 1 juta.
Dalam peluncurannya secara live streaming di YouTube, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mencontohkan penggunaan Mi TV Stick pada TV tabung dari tahun 1997. Alvin hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 detik untuk mengubah TV jadul itu menjadi Android TV.
Dalam demo tersebut, Mi TV Stick dapat dihubungkan ke TV jadul menggunakan converter HDMI. Setelah dicolokkan, layar pelangi di TV tanpa sinyal itu memunculkan menu tayangan Android TV, seperti Netflix, Amazon Prime, YouTube dan lainnya.
“Mi TV Stick hadir dengan Chromecast yang sudah terpasang. Hal ini memungkinkan kamu untuk memproyeksikan konten dari smartphone ke TV sehingga kamu bisa menikmatinya di layar yang lebih besar,” jelas Alvin dalam peluncuran online, Rabu (9/9).
Selain itu, Mi TV Stick juga hadir bersama Mi Bluetooth Remote Controller yang punya tombol khusus untuk mengakses Netflix, Google Assistant dan Prime Video.
Mi TV Stick dengan prosesor Amlogic S905 quad-core serta kapasitas RAM 1 GB dan penyimpanan internal sebesar 8 GB. Perangkat ini memiliki port antarmuka HDMI 2.0 agar dapat dihubungkan ke segala macam perangkat visual.
Soal audio, perangkat ini memiliki decoding Dolby dan DTS HD. Cara pemasangannya pun cukup mudah karena menggunakan metode ‘plug-and-play’. Xiaomi Mi TV Stick juga mendukung Google Assistant dengan semua layanannya seperti pencarian cepat, kontrol suara, pendeteksian perangkat rumah pintar, dan lainnya.
Xiaomi menjual Mi TV Stick dengan harga spesial Rp 499.000 saat penjualan perdana pada 17 September 2020 di Lazada, Mi.com, dan Mi Store pada penjualan perdana. Setelahnya, perangkat dijual di Erafone dan toko offline lain dengan harga normal Rp 549.000.
Editor : Parna
Sumber : kumparan