Jakarta – Dealer sepeda motor mulai berani memberi diskon besar menjelang akhir tahun. Wahana Artha Honda, distributor sepeda motor Honda, memberikan diskon besar bagi penjualan sepeda motor PCX Hybrid. Bahkan nilai cashback hingga mencapai Rp 11 juta.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, penjualan ini ditujukan untuk pembayaran baik tunai maupun kredit, yakni untuk periode program mulai 1 September hingga 31 Desember 2020.

Sebagai contoh, harga On The Road (OTR) satu unit sebesar Rp 43.293.000. Setelah mendapat diskon Rp 11.000.000, maka harga OTR Net after Discount menjadi Rp 32.293.000. Nominal itu sudah termasuk PPN sebesar 10%.

“Untuk penjualan tunai, maka bentuk program yang diberikan berupa Cash Discount kepada customer. Nominal Cash Discount, tersebut harus tertera di faktur penjualan / kwitansi dealer kepada konsumen minimal sebesar ketentuan tabel diatas (dikurangkan dari Harga OTR),” tulis Wahana Artha dalam situsnya.

Seyogyanya diskon dari dealer ke konsumen dicantumkan dalam faktur pajak dan faktur penjualan, minimal sebesar ketentuan tabel di atas (dikurangkan dari Harga OTR).Adapun Untuk penjualan kredit, maka bentuk program yang diberikan berupa Credit Discount kepada pelanggan.

“Program sales discount hanya berlaku untuk konsumen umum yang membeli unit secara On The Road dan tidak berlaku untuk perusahaan atau instansi baik untuk hadiah maupun untuk kendaraan inventaris,” tulis Wahana.

Karenanya, program sales discount tidak berlaku untuk konsumen a.n perusahaan walaupun pembeliannya hanya 1 unit.

Aturan sama juga berlaku bagi pembelian sepeda motor pada unit lainnya. Wahana Artha juga memberikan diskon bagi CBR250RR dengan kode tipe EKA, ELA, EK0, EL0, EKC, ELC, ELB, ELD, EKK, EKH, EK2, EKJ, ELH, EL2, ELJ. Nilai diskonnya yakni 8.250.000.

Tidak ketinggalan, Honda Forza menjadi unit lainnya yang diberi diskon. Nilainya sebesar 5.500.000. Jika harga On The Road (OTR) sebesar Rp 65.750.000 dan setelah didiskon Rp 5.500.000 maka harga OTR Net After Discount menjadi Rp 60.250.000.

Disinyalir, diskon besar menjelang akhir tahun ini untuk mengejar target yang sudah menurun terlampau jauh akibat pandemi Covid-19. Setidaknya, diskon ini diharapkan bisa menarik kembali keinginan masyarakat untuk membeli sepeda motor.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia