JakartaDi mana pun tempatnya, bantal jadi salah satu tempat berkumpulnya kuman. Dengan begitu, bantal perlu dicuci secara rutin dan dengan cara yang benar. Berikut tips mencuci dan merawat bantal yang tepat.Baik pada sofa dan tempat tidur, debu, keringat, air liur, dan bakteri dapat dengan cepat menumpuk pada bantal seiring waktu. Hal itu akan menimbulkan bau tak sedap pada bantal Anda.

Untuk memastikan bantal tetap segar dan bebas kuman, penting untuk membersihkannya setiap beberapa bulan sekali. Meski bantal terlihat besar, tapi mencuci dan mengeringkan bantal lebih sederhana dari yang terlihat.

Berikut beberapa tips mencuci bantal dengan baik, melansir Better Homes and Gardens.

1. Cuci bantal di mesin cuci

Sebagian besar bantal dapat dicuci dengan mesin dan dikeringkan langsung. Gunakan air panas dengan suhu setidaknya 60 derajat Celcius untuk membunuh tungau debu yang ada di bantal.

2. Pilih detergen dengan baik

Jenis detergen terbaik untuk mencuci bantal adalah sabun bebas pewangi. Campur sabun dengan sedikit baking soda.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengikuti rekomendasi pencucian yang disampaikan dalam kemasan.

Jangan lupa membilas detergen dengan baik hingga tak ada residu yang tertinggal. Residu yang tertinggal hanya akan menyebabkan penggumpalan dan menimbulkan bau tak sedap.

3. Pastikan kering sempurna

Pastikan bantal benar-benar kering. Pasalnya, kelembapan hanya akan menimbulkan kembali jamur, bakteri, dan debu yang ingin Anda hindari.

Keringkan bantal di mesin pengering dengan pengaturan panas yang rendah.

4. Tidak mencuci lebih dari satu bantal sekaligus

Anda ingin mencuci dan mengeringkan dua bantal sekaligus agar praktis. Namun, berhati-hati-lah untuk tidak memasukkan terlalu banyak bantal sekaligus. Bantal membutuhkan banyak air agar bersih dan banyak ruang untuk benar-benar kering.

 

Tips Merawat Kebersihan Bantal

Selain dengan mencucinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat bantal agar tetap bersih. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Tepuk bantal setiap hari

Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk menepuk-nepuk tempat tidur dan bantal demi menghilangkan debu serta mengembalikan bentuknya seperti semua setelah dipakai. Baiknya, lakukan hal tersebut sesaat setelah terbangun dari tidur.

2. Bersihkan bantal busa dengan vakum

Bantal busa tidak disarankan untuk dicuci. Alih-alih dicuci, Anda direkomendasikan untuk menaburkan tepung jagung di atas bantal. Diamkan selama 60 menit atau lebih. Kemudian sedot kotoran pada semua sisi secara menyeluruh menggunakan vakum.

3. Ganti bantal setelah dua tahun

Meski pembersihan rutin dapat memperpanjang masa pakai bantal, namun Anda disarankan untuk mengganti bantal setiap dua tahun sekali. Atau, kenali beberapa tanda saat bantal sudah harus diganti. Misalnya, bantal yang terasa menggumpal dan tidak nyaman atau timbul bau dan noda yang tidak dapat dihilangkan meski telah dicuci.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia