Presiden Jokowi meminta dunia olah raga mengambil kesempatan di masa pandemi COVID-19. Kesempatan itu dengan melakukan rebooting.
Pesan itu disampaikan Jokowi dalam peringatan Hari Olah Raga Nasional yang jatuh hari ini, Rabu (9/9).
“Akibat pandemi COVID 19 ini berbagai kompetisi olahraga nasional dan internasional harus ditiadakan harus di reschedule ulang tentu saja hal ini kurang menguntungkan bagi dunia olahraga kita,” kata Jokowi.
Tetapi kondisi ini memberikan kesempatan kepada kita semua untuk melakukan rebooting, untuk melakukan restart untuk merancang ulang ekosistem Olahraga Nasional kita secara besar-besaran
Jokowi melanjutkan, pada peringatan Hari Olahraga Nasional kali ini, dia meminta semua pihak termasuk para insan olahraga untuk secara serius melakukan refleksi dan evaluasi diri.
“Dan kemudian menyiapkan langkah-langkah besar untuk melakukan lompatan lompatan besar untuk kemajuan dunia olahraga kita,” tegas dia.
Jokowi Minta Pandemi Corona Dimanfaatkan Dunia Olahraga untuk Restart (1)
Sejumlah warga mengisi hari libur dengan olahraga bersepeda di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat. Foto: Suwandy/ANTARA FOTO
Jokowi menerangkan, olahraga mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan.
Olahraga adalah instrumen penting dalam pendidikan bukan hanya pendidikan jasmani, bukan hanya menguatkan fisik tetapi olahraga juga pendidikan karakter, olahraga membangun karakter disiplin, membangun karakter sportif bahwa menang dan kalah itu biasa, membangun karakter pejuang dan pekerja keras, memperkuat karakter kolaborasi dalam teamwork dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme,” ungkapnya.
Editor : Parna
Sumber : kumparan