Jakarta – Timnas U-19 Indonesia takluk dari Kroasia U-19. Bertanding di dalam ajang Friendly Tournament di Kroasia, Selasa (8/9) malam WIB, Timnas U-19 kalah dengan skor 7-1.
Gol-gol dari Kroasia dicetak oleh Filip Zrilic (26′), Nikola Brkovic (31′), Marco Boras (44′), Antonio Marin (47′) (72′), dan penalti Ivan Brnic (90′). Sementara gol penghibur Timnas U-19 tercipta via Bagas Kaffa (71′).
Jalannya Pertandingan Timnas U-19 vs Kroasia
Shin Tae-yong masih memakai skema 4-4-2 di laga keduanya memimpin Garuda Muda. Saddam Gaffar dan Irfan Jauhari masih dipercaya berduet di pos depan.
Kemudian ada David Maulana dan Komang Teguh yang bertugas mengirim bola dari lini tengah. Sementara Sandi dan Witan Sulaeman dipasang sebagai sayap.
Adapun lini belakang Timnas U-19 dikawal Bayu Fiqri, Komang Tri Arta, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan Rifai.
Timnas U-19 sempat bermain dengan baik di menit-menit awal pertandingan. Mereka mampu mengimbangi permainan Kroasia dan beberapa kali mengancam gawang tim tuan rumah.
Namun, gawang Timnas U-19 yang dijaga kiper Muhammad Adi Satryo bobol di menit ke-26. Adalah Filip Zrilic yang berhasil mencetak gol pertama di laga itu.
Lima menit berselang gawang Indonesia kembali jebol. Kali ini lewat aksi Nikola Brkovic. Dengan begitu, skor berubah menjadi 2-0 di menit ke-31.
Hasil Timnas U-19 vs Kroasia: Garuda Muda Kalah 7-1 (1)
Timnas U-19 dalam pertandingan uji coba di Kroasia. Foto: Dok: PSSI
Kroasia kembali menambah keunggulan menjelang babak pertama berakhir. Marco Boras sukses membobol gawang di menit 44. Skor 3-0 pun bertahan sampai turun minum.
Di babak pertama, penguasaan bolah lebih banyak di kaki-kaki pemain Kroasia. Timnas U-19 hanya mengemas 35 persen penguasaan bola dan hanya mampu melepaskan satu tendangan tepat sasaran.
Di sisi lain, Kroasia dengan nyaman menjaga keunggulan dari Timnas U-19. Mereka mencatatkan empat tendangan tepat sasaran di babak pertama.
Kembali dari ruang ganti, Kroasia kembali beraksi. Mereka berhasil mencetak gol ke-4 lewat Antonio Marin di menit 47.
Marin yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dengan mudah mencetak gol setelah mendapat bola kiriman dari sisi sayap kanan.
Gawang Timnas U-19 kembali gol di menit ke-66. Giliran Bruno Zdunic yang mencetak gol setelah kiper Adi terpaksa meninggalkan gawang untuk menghadapi pemain Kroasia nomor 11.
Beberapa menit berselang, Indonesia bisa bersorak. Timnas U-19 bisa mencetak gol pertama di Friendly Tournament. Adalah Bagas Kaffa yang berhasil bikin gol di menit ke-71 dengan tendangan kerasnya.
Namun, sorakan itu segera usai. Kroasia berhasil mencetak gol ke-6 mereka. Lagi-lagi Marin berhasil membobol gawang Timnas U-19. Dia melakukan solo run yang tak mampu dibendung para bek dan kiper Timnas U-19 untuk mencetak gol itu.
Menjelang akhir pertandingan, Kroasia mendapat hadiah penalti dari wasit. Ini karena wasit menganggap Supriadi melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti dan memberinya kartu kuning kedua.
Brnic yang menjadi algojo sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Alhasil, skor berubah menjad 7-1 untuk tim tuan rumah dan bertahan sampai pertandingan berakhir.
Editor : Aron
Sumber : kumparan