Bercerai dari suami tak membuat perempuan ini merana, bahkan makin kaya dan kini tercatat sebagai perempuan terkaya di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index. Dialah MacKezie Scott, janda dari pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos.
Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan MacKenzie saat ini mencapai USD 68 miliar atau setara Rp 1.000 triliun. Dengan harta sebanyak itu, MacKenzie ada di urutan pertama daftar perempuan terkaya dunia.
Dia menggeser posisi Francoise Bettencourt Meyers, yang merupakan pewaris perusahaan kecantikan asal Prancis, L’OrĂ©al. Posisi MacKezie juga masih di atas pendiri Alibaba, Jack Ma.
Punya Harta Rp 1.000 Triliun, Janda Ini Jadi Perempuan Terkaya di Dunia (1)
MacKenzie Bezos. Foto: Getty Images/Michael Kovac
Salah satu sumber kekayaannya adalah harta gana-gini dari perceraian dengan suaminya, yang diperoleh pada 2019 lalu. Harta itu berupa seperempat dari saham Amazon milik Jeff Bezos atau sekitar 4 persen dari keseluruhan saham Amazon.
Saat itu, saham milik MacKenzie nilainya masih di kisaran USD 38 miliar. Tapi sepanjang 2020 ini, saham Amazon terus melejit. Bahkan dalam tiga bulan terakhir kenaikannya sudah mencapai 28 persen. Di antara daftar orang-orang terkaya dunia versi Bloomberg, MacKenzie ada di urutan ke-12. Sementara bekas suaminya ada di puncak daftar tersebut.
Janda yang tercatat sebagai perempuan terkaya dunia, MacKenzie juga dikenal dermawan. Bersama Warren Buffett beserta Bill dan Melinda Gates, mereka mendirikan lembaga donor bernama Giving Pledge. Dana yang terkumpul mereka salurkan untuk bantuan pendidikan, kesetaraan ras, dan pencegahan perubahan iklim.
Jeff Bezos bekas suami MacKenzie, tidak tercatat ikut serta dalam kegiatan filantropi itu.
Editor : Aron
Sumber : kumparan