Kasus virus corona di Brasil menembus 4 juta jiwa. Per Kamis (3/9) waktu setempat, Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan 43.773 kasus corona baru dalam 24 jam terakhir.
Dengan tambahan ini, total kasus positif COVID-19 di Brasil berjumlah 4.041.638 orang.
Selain itu, dilaporkan juga pasien corona yang meninggal sebanyak 834 orang, sehingga jumlahnya menjadi 124.614.
Kesembuhan pasien juga terus meningkat dan kini totalnya berjumlah lebih dari 3,2 juta orang.
Brasil masih menjadi negara kedua dengan jumlah kasus corona terbanyak di dunia, di bawah Amerika Serikat yang masih berada di puncak dengan 6,3 juta orang positif COVID-19.
Kasus Corona di Brasil Tembus 4 Juta Orang (1)
Seorang perawat memegang vaksin SinoVac untuk percobaan sebelum memberikannya kepada sukarelawan di Emilio Ribas Institute di Sao Paulo, Brasil. Foto: Amanda Perobelli/REUTERS
Sementara itu, Wakil Presiden Brasil Hamilton Mourão mencoba mengklarifikasi posisi pemerintahan, usai Presiden Jair Bolsonaro kerap kali meremehkan keparahan kasus corona. Bolsonaro sempat berucap bahwa begitu vaksin corona tersedia, pemerintah tak akan mewajibkan warganya untuk mendapatkan vaksinasi.
“Banyak orang ingin vaksin diterapkan dengan cara memaksa, tapi tidak ada undang-undang yang mengaturnya,” ucap Bolsonaro.
Menurut Mourão, semua orang di pemerintah tetap menyadari pentingnya vaksinasi massal sebagai bentuk memperkuat imun dari COVID-19.
“Tidak ada cara bagi pemerintah, kecuali kita hidup dalam kediktatoran, untuk memaksa setiap orang mendapatkan vaksinasi,” tutup Mourão.
Editor : Aron
Sumber : kumparan