Pertambahan umur bukan hanya perkara perubahan angka depan usia, melainkan juga perubahan kondisi kesehatan tubuh. Memasuki usia 40-an tahun, Anda mungkin harus lebih sering memantau metabolisme, massa otot, keseimbangan hormon, suasana hati dan berat badan.

Ketika usia menua, boleh jadi seseorang akan lebih rentan terhadap masalah kesehatan yang mungkin tak dialami saat muda. Karena itu, perlu segera mulai memikirkan soal kesehatan dan kebugaran jangka panjang Anda.

Selain olahraga, tidur yang cukup dan mengelola stres, mengonsumsi makanan kaya nutrisi juga dapat membantu mengurangi kekhawatiran akan masalah kesehatan di masa mendatang.

Kemudian muncul tanya, apa makanan yang baik bagi Anda yang memasuki usia 40an. Sarah Mirkin, ahli diet bersertifikat sekaligus penulis ‘Fill Your Plate, Lose The Weight” bakal membagikan sebagian daftar makanan terbaik yang ia konsumsi.

Berikut daftar makanan terbaik untuk perempuan usia 40an tahun.

Alpukat

Anda layak berterima kasih pada kandungan kalium alpukat. Buah ini juga tinggi akan lemak sehat yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembut, menyehatkan rambut dan menurunkan tekanan darah.

Salmon

Salmon dan jenis ikan lain yang mengandung omega-3 dan protein tanpa lemak baik untuk dikonsumsi perempuan usia 40an tahun. Salmon memiliki lemak lebih dari dua kali lipat kalori protein dan karbohidrat.

Ikan salmon juga menciptakan kenyang yang jauh lebih awet, sehingga mengontrol rasa lapar. Menurut Mirkin, salmon juga membuat kulit Anda bersinar.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan tinggi serat, lemak dan protein sehat. Karena itu makan kacang-kacangan bisa mengenyangkan.

Kacang-kacangan bisa Anda jadikan sebagai camilan penurun berat badan. Selain itu menurut Mirkin seperti dikutip laman kesehatan Web MD, kandungan nutrisinya akan membantu mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung dan kondisi kronis lain.

Bawang Putih

Untuk perempuan usia di atas 40 tahun, bawang putih adalah ramuan peningkat kesehatan yang hebat. Studi menunjukkan bahwa bawang putih mampu meminimalkan keropos tulang atau osteoporosis dengan meningkatkan kadar esterogen.

Bawang putih juga kaya nutrisi dengan sedikit kalori. “Juga dapat menambah aroma rasa pada makanan sehingga Anda merasa kenyang hanya dengan makan sedikit,” terang Mirkin.

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi: Selain menambah rasa masakan, bawang putih mampu meminimalkan keropos tulang atau osteoporosis dengan meningkatkan kadar esterogen. (Foto: Pixabay/condesign)

Edamame

Satu kemasan edamame mengandung 9 gram protein, hanya dengan setengah cangkir untuk mendapatkan kurang dari 100 kalori. Kedelai serbaguna ini juga mengandung folat (vitamin B9), vitamin A dan C dan kalium, semua nutrisi yang menyehatkan jantung.

Dark Chocolate

Mirkin mengungkapkan, dark chocolate atau cokelat hitam kaya akan flavanol yang mampu melindungi jantung, mengurangi risiko diabetes, dan menurunkan tekanan darah.

Telur

Makanan serbaguna ini kaya akan viitamin D untuk penguat tulang, kolin sebagai pemicu kerja otak dan, protein untuk penolong otot.

“Kandungan lemak dan protein yang tinggi [ditambah rendah karbohidrat dan gula] dalam telur, jadi pilihan yang sangat tepat untuk perempuan usia di atas 40 tahun,” kata Mirkin.

Ia pun menyarankan, kocok satu telur dengan tiga putih telur untuk menu sarapan yang mengenyangkan dan tak bikin bobot naik.

Infografis Mengadu Nilai Protein Keong Sawah dan DagingFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Infografis Mengadu Nilai Protein Keong Sawah dan Daging

Wortel

Selain mengandung potasium, serat dan vitamin K, wortel memiliki beta karoten yang memberi warna orange cerah. Pigmen ini kemudian diubah menjadi vitamin A, nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh dan ramah mata.

“Pada usia 40an, makan lebih banyak makanan yang kaya vitamin A dibanding sebelumnya, karena makanan juga bisa melindungi mata dari katarak,” ucap Mirkin.

Brokoli

Sayuran sarat akan serat ini akan membantu pencernaan. Sementara kandungan antioksidan, fitonutrien dan vitamin C, B6 dan A–yang semuanya menurut Mirkin bisa membantu mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, alzheimer dan kondisi kronis lainnya ketika usia lanjut.

Ayam

Ayam merupakan makanan rendah lemak dan kalori. Jenis makanan penurun berat badan karena satu alasan; sekitar 25 gram protein tercakup pada empat ons ayam atau seukuran telapak tangan Anda.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia