Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri apalagi di usia yang masih muda? Perasaan aman dan rasa bangga tentu akan muncul jika kita sudah bisa memiliki rumah sendiri.
Namun saat ini harga rumah tiap tahun kian melonjak. Sehingga rasanya kurang memungkinkan bagi para generasi milenial untuk bisa beli rumah dengan mudah apalagi dengan penghasilan yang belum terlalu besar.
Mungkin karena selain tabungan yang belum cukup untuk membayar DP, bisa jadi harga cicilan tiap bulannya sangat memberatkan sehingga mereka merasa khawatir kebutuhan sehari-hari jadi keteteran. Jadi tidak heran kalau sebagian dari generasi muda akhirnya memutuskan untuk menyewa saja, baik rumah atau apartemen. Apalagi jika pilihannya adalah membeli rumah dengan harga terjangkau yang berlokasi di pinggir kota namun jauh dari lokasi kerja, dengan menyewa rumah dan apartemen yang berlokasi di pusat kota dan dekat dengan lokasi kerja.
Beli Rumah atau Sewa? Mana yang Lebih Baik untuk Generasi Milenial? (1)
Mana yang lebih efisien, menyicil rumah atau sewa apartemen? Foto: Shutterstock
Tapi jika dipikirkan lagi dari sisi keuangan, sebenarnya lebih efisien mana ya? Banyak yang berpikir daripada menghabiskan uang untuk sewa rumah atau apartemen, lebih baik uang tersebut dialokasikan untuk membayar cicilan saja.
Menurut Financial Planner, Safir Senduk, biasanya seseorang yang ingin membeli rumah itu karena alasan psikologis. Sebab dengan memiliki rumah sendiri, mereka jadi lebih tenang karena punya tempat tinggal tetap.
Beli Rumah atau Sewa? Mana yang Lebih Baik untuk Generasi Milenial? (2)
Biasanya seseorang ingin punya rumah sendiri karena faktor psikologis. Agar merasa aman karena sudah punya tempat tinggal tetap. Foto: Shutter Stock
Namun, bisa dipahami juga kalau generasi milenial zaman sekarang mungkin kesulitan untuk membeli rumah karena memang harga rumah di Indonesia saat ini sudah terlalu mahal.
“Harga rumah di Indonesia itu mahal sekali. Kenaikan harganya sudah tidak masuk akal. Jadi menurut saya, kalau memang bisa membeli rumah sendiri itu hal yang bagus. Tetapi kalau belum bisa karena harganya terlalu mahal, secara keuangan itu bukan dosa. Jadi tidak masalah kalau akhirnya memutuskan untuk menyewa saja, baik rumah atau apartemen,” ungkap Safir Senduk kepada kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.

Jangan memutuskan beli rumah hanya karena tekanan sosial

Safir juga menjelaskan bahwa menyewa rumah atau apartemen bisa jadi lebih mudah daripada membeli. Namun kembali lagi pada kebutuhan dan pemikiran atau mindset masing-masing orang. Kalau yang dipikirkan adalah tekanan sosial karena merasa sudah kerja banting tulang tapi belum juga punya aset, berarti yang salah adalah mindset atau cara pemikiran.
Beli Rumah atau Sewa? Mana yang Lebih Baik untuk Generasi Milenial? (3)
Ilustrasi menabung saham untuk masa tua. Foto: Pixabay
“Tidak usah memikirkan omongan orang lain karena yang akan membayar cicilan setiap bulannya adalah kita sendiri. Jadi jangan sampai lupa dengan kemampuan kita untuk membeli sesuatu. Menurut saya kalau memang belum bisa, lebih baik mereka menyewa saja dan dananya dialokasikan untuk investasi,” jelasnya.
Safir menegaskan agar milenial tidak perlu merasa terintimidasi dengan orang lain karena kita memiliki nilai kehidupan tersendiri. Bisa jadi seseorang tidak memutuskan untuk beli rumah karena ingin investasi, sehingga kebutuhannya sehari-hari dibuat minimalis.
Beli Rumah atau Sewa? Mana yang Lebih Baik untuk Generasi Milenial? (4)
Setiap orang memiliki kebutuhan dan prioritas masing-masing. Jadi jangan merasa terintimidasi kalau belum bisa beli rumah sendiri di usia muda. Foto: Shutterstock
Hal ini juga diamini oleh Financial Planner Eko Hendarto. Sebagian orang, terutama mereka yang masih single bisa saja memutuskan untuk tidak membeli rumah karena harga rumah yang sesuai dengan keuangan mereka lokasinya sangat jauh dari kantor. Sehingga pengeluaran justru bisa jadi lebih membengkak.
“Semua tergantung dari kebutuhan. Kalau misalnya bisa beli rumah tapi lokasinya itu 50-60 km dari kantor ya sama saja bohong. Untuk apa punya rumah sejauh itu, apalagi kalau mereka masih single. Lokasi rumah yang jauh dengan tempat kerja bisa membuat kita jadi mengeluarkan biaya transportasi lebih banyak dan menghabiskan waktu di jalan,” ungkap Eko.
Beli Rumah atau Sewa? Mana yang Lebih Baik untuk Generasi Milenial? (5)
Yuk dipikirkan matang-matang. Kira-kira kondisi keuangan kita sudah mencukupi atau belum ya untuk beli rumah? Atau sebaiknya menyewa apartemen saja? Foto: Shutterstock
Memang di Indonesia masih banyak yang berpikiran bahwa punya rumah itu salah satu bentuk keamanan secara finansial. Jadi tidak ada yang salah juga jika mereka ingin berjuang untuk memiliki rumah sendiri. Tetapi kalau memang kita memiliki pemikiran bahwa harga rumah sudah terlalu mahal dan lebih memilih menyewa apartemen atau rumah, sekali lagi, itu tidak dosa.
Semua orang memiliki pilihan, mau menuruti kata orang lain atau mempertimbangkan kondisi keuangan pribadi. So Ladies, yuk dipikirkan matang-matang. Kira-kira kondisi keuangan kita sudah mencukupi atau belum ya untuk beli rumah? Atau sebaiknya menyewa apartemen saja?
Editor : Parna
Sumber : kumparan