Beberapa bulan terakhir di masa pandemi COVID-19, tren naik sepeda di seluruh dunia jadi sangat meningkat peminatnya, tak terkecuali di Indonesia. Tua, muda, hingga anak-anak menyukai jenis olahraga low impact ini.
Kini, pemandangan sepeda berlalu-lalang sering tampak di jalanan. Penjualannya pun naik tajam seiring Indonesia menerapkan kebijakan adaptasi kebiasaan baru. Bahkan menariknya, aksesoris sepeda juga semakin diburu seperti 9 barang berikut ini.

Sadel atau Jok Sepeda

Kenyamanan menggowes memang tidak lepas dari dukungan sadel atau jok sepeda. Memilih sadel atau jok sepeda pun tidak sembarang. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih sadel yang sesuai dengan ukuran sit bone sehingga bisa menopang bokong secara keseluruhan, serta memilih sadel berkualitas tinggi dengan busa yang nyaman dan tahan terhadap tekanan.

Bel Sepeda

Aksesoris ini penting bagi kamu yang suka bersepeda jarak jauh. Saat membeli bel sepeda, pilihlah bel yang ukurannya sesuai dengan diameter gagang sepeda kamu agar nyaman dan mudah dijangkau jari.
Kemudian pilih bel dengan volume yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu pertimbangkan juga untuk memilih bel dengan fungsi tambahan seperti kompas atau termometer yang sangat membantu kamu saat bersepeda jarak jauh.

Lampu Sepeda

Selain bel, lampu depan dan lampu belakang sepeda juga tak kalah penting. Agar perjalanan gowes kamu lebih maksimal, pilihlah lampu sepeda dengan desain compact yang ringan. Dari sisi baterai, lampu sepeda kini juga hadir dengan pilihan rechargeable battery yang dayanya dapat diisi ulang menggunakan kabel USB.
Buat kamu yang sering bersepeda di malam hari, pilih tipe lampu otomatis, yang bisa menyala sendiri ketika kondisi di sekitar sudah mulai gelap. Jangan lupa tipe waterproof dan anti pecah juga jadi pertimbangan.

Helm Sepeda

9 Barang yang Diburu Para Penggemar Sepeda (1)
Helm sepeda. Foto: Shutterstock
Tidak hanya sebagai aksesoris, helm sepeda tentunya wajib dimiliki oleh penggemar sepeda. Apalagi untuk riders yang bersepeda di medan yang cukup berbahaya seperti trek off-road ataupun cross country. Helm ini berfungsi untuk melindungi kepala dari cidera saat terjadi kecelakaan.
Memilih helm pun tidak boleh sembarangan. Pastikan helm bersertifikat, sesuai dengan kebutuhan; road, time trial, aero road, mountain bike, full face, bmx, leisure, women’s bike helmet, kids helmet. Selain itu pastikan busa helm tidak mudah kempis, memiliki lubang ventilasi, dan tali pengikatnya sangat kuat.

Sarung Tangan

Sarung tangan juga punya peran penting dalam hal keamanan saat bersepeda. Oleh karena itu memilih sarung tangan tidak boleh sembarangan dan pilih sesuai kebutuhan. Sarung tangan untuk bersepeda memiliki pad atau bantalan sehingga pergelangan tangan tetap nyaman ketika bersepeda dalam waktu yang lama.
Ada dua varian sarung tangan sepeda; full cover atau separuh alias jari-jari masih terlihat. Untuk perlindungan penuh pilihlah yang full cover, tetapi jika untuk kenyamanan, sarung tangan separuh jari bisa jadi pilihan.

Pengukur Kecepatan

9 Barang yang Diburu Para Penggemar Sepeda (2)
Power meter sepeda. Foto: Shutterstock
Pengukur kecepatan atau power meter sepeda tidak lagi diperuntukkan hanya untuk atlet. Power meter telah meningkat popularitas dan kegunaannya bagi kalangan penggemar sepeda high end demi meningkatkan performa.
Alat ini tidak hanya berguna untuk mengukur seberapa kuatnya kaki menggowes tapi banyak juga yang menggunakan alat ini untuk melakukan monitoring detak jantung (heart rate monitor) ketika bersepeda.

Celana Sepeda

Celana sepeda tidak sama dengan celana pada umumnya. Untuk itu butuh banyak pertimbangan saat membelinya. Di antaranya memilih celana dengan bahan nilon atau parasit yang punya sifat lentur dan tipis. Bahan yang dipilih juga harus memiliki sifat dry it untuk mencegah ruam atau kulit kemerahan akibat keringat.
Tak hanya itu, pastikan juga celana sepeda yang kamu pilih memiliki padding atau pelapis busa yang berguna untuk melindungi bagian vital dari hentakan saat melewati jalan berbatu, dan juga untuk mencegah terjadinya lecet pada selangkangan.

Topi Khusus Sepeda (Cycling Cap)

Cycling cap tak hanya dikenal di antara para penggemar sepeda statis, tapi juga diminati bagi para road biker. Pasalnya, menggunakan cycling cap dapat mencegah keringat di kulit kepala mengalir ke wajah.
Sama seperti aksesoris lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli cycling cap. Salah satunya memilih bahan yang nyaman digunakan, ada polyester yang mampu menyerap keringat lebih efektif, katun yang nyaman dipakai saat cuaca panas, ada pula bahan mesh yang menyerap dan mengeringkan keringat lebih cepat.

Holder Tempat Minum

Bersepeda membuat tubuh kehilangan banyak cairan karena keringat yang keluar. Untuk menghindari dehidrasi, penting bagi penggemar sepeda untuk menyiapkan amunisi dengan menyiapkan cadangan air yang diletakkan di botol dan ditaruh di holder tempat minum agar lebih praktis.
Beberapa aksesoris ini ternyata tidak hanya sebagai pemanis semata. Jika kamu kini sedang menggemari olahraga yang satu ini, sudah saatnya melengkapi sepeda kamu dengan sembilan aksesoris di atas yang dapat ditemukan di Lazada maupun dari official store di LazMall dan barang-barang dari luar negeri di LazGlobal.
Lazada menyediakan ragam kebutuhan bersepeda yang lengkap, mulai dari suku cadang, aksesoris, sampai sepedanya juga bisa dibeli di Lazada. Selain lengkap, ada berbagai penawaran menariknya lho, untuk pembelian sepeda beserta aksesorisnya di Lazada. Bahkan kamu juga bisa dapatkan promo hingga 50 persen khusus di bulan September.
Tak hanya itu, Lazada juga berkolaborasi dengan Element Bike untuk melengkapi koleksi sepeda kesayangan kamu. Penasaran? Yuk, cek lengkapnya di sini.
Editor : Parna
Sumber : kumparan