Untuk menekan penyebaran virus corona, tempat wisata yang dibuka hanya menerima pengunjung yang memiliki bukti negatif virus corona. Namun, beda hal dengan destinasi wisata paling populer di Brasil.
Salah satu kepulauan terbaik di dunia kembali dibuka untuk wisatawan yang dinyatakan positif virus corona atau COVID-19. Pulau Fernando De Noronha, lokasi pantai Baia do Sancho, yang dinobatkan sebagai pantai terbaik dunia oleh Trip Advisor’s Traveler’s Choice Awards tahun ini, hanya menerima wisatawan yang memiliki bukti telah positif corona.
Pulau Terindah di Brasil ini Dibuka Lagi Hanya untuk Warga Positif Virus Corona (1)
Pesona Fernando de Noronha Foto: Shutter Stock
Dilansir CNN, pihak berwenang di negara bagian Pernambuco, Guilherme Rocha mengatakan bahwa Fernando de Noronha akan kembali dibuka pada pekan depan atau sekitar awal September 2020.
“Untuk mendarat di kepulauan, wisatawan perlu menunjukkan hasil tes PCR positif minimal berumur 20 hari, atau hasil uji serologis yang menunjukkan adanya antibodi terhadap Covid,” kata pihak pengurus kepulauan, Guilherme Rocha, sebagaimana dilansir CNN.
Pulau Terindah di Brasil ini Dibuka Lagi Hanya untuk Warga Positif Virus Corona (2)
Keindahan Fernando de Noronha Foto: Shutter Stock
Sementara itu, Rocha tidak secara eksplisit menjelaskan mengapa Brasil hanya menerima wisatawan yang sudah terjangkit penyakit virus corona ke pulau itu.
Tes PCR menunjukkan apakah seseorang terkena virus, sementara tes serologis menunjukkan apakah tubuh telah mengembangkan antibodi untuk virus corona. Fernando de Noronha, adalah salah satu dari 21 pulau vulkanik, telah ditutup untuk wisatawan sejak pertengahan Maret karena pandemi virus corona.
Pulau Terindah di Brasil ini Dibuka Lagi Hanya untuk Warga Positif Virus Corona (3)
Pantai Fernando de Noronha di Brasil Foto: Shutter stock
Pulau itu ditutup untuk pengunjung pada 21 Maret, dan penduduk yang berada di daratan dilarang kembali dari April hingga pertengahan Juni. Pada 31 Juli, pulau indah di Brasil ini dibuka kembali hanya untuk orang-orang yang memiliki rumah di sana dan peneliti lokal.
Fernando de Noronha merupakan salah satu taman nasional sekaligus destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Brasil. Taman nasional tersebut dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2001 lalu.
Editor : Aron
Sumber : kumparan