Tercatat 3 kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif Corona (COVID-19). Dua di antaranya terpapar usai melakukan perjalanan dari luar Sumbar.Ketiganya yakni, Wali Kota Solok Zul Elfian, Bupati Pariaman Ali Mukhni, dan Wakil Wali Kota Payakumbuh. Zul Elfian menjadi yang teranyar dari 3 kepala daerah itu terpapar COVID-19.

“Wali Kota Solok terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal, Kamis (27/8/2020).

Berikut kisah 3 kepala daerah di Sumbar yang positif COVID-19.

 

Wali Kota Solok Zul Elfian

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat Jasman Rizal mengonfirmsi Wali Kota Solok Zul Elfian benar positif Corona. Zul dinyatakan positif Corona sepulang dari Jakarta.

“(Bisa) mengkonfirmasi hal ini. Wali Kota Solok terkonfirmasi positif COVID-19. Beliau pada Selasa (25/8) baru pulang dari Jakarta,” kata Jasman Rizal, Kamis (27/8/2020).

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemko Solok Nurzal Gustim mengatakan Zul Elfian dinyatakan positif Corona dari hasil uji swab. Zul mengeluh terkait indra penciumannya.

“Pak Wali Kota Solok hari ini mengeluhkan kemampuan indra penciumannya menurun dan setelah dirontgen serta dilakukan pemeriksaan laboratorium, hasilnya tidak tampak kelainan, namun hasil tes cepat molekuler (TCM) dinyatakan terkonfirmasi positif COVID,” terang Nurzal.

Kondisi Zul Efian stabil. Ia kini diawasi penuh oleh sang anak, dr Muhammad Alghifari.

“Beliau juga menginstruksikan melalui kami untuk menyampaikan informasi ini kepada masyarakat sekaligus meminta doa dari masyarakat agar diberi kesabaran, kekuatan, dan kesembuhan. Sore tadi tim surveilans kota telah melakukan tracing dan tracking guna menelusuri seluruh kontak erat dan direncanakan besok analis swab akan melakukan swab test. Kita sama-sama berdoa semoga hasilnya negatif,” pungkasnya.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni

Bupati Padang Pariaman Sumatera Barat Ali Mukhni, positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Ali Mukhni diduga terpapar setelah melakukan perjalanan luar provinsi.

Ali Mukhni mengakui dirinya positif COVID-19 dalam video yang disebar kepada wartawan, Minggu (23/8/2020). Kondisi pria yang juga berstatus bakal calon Wakil Gubernur Sumbar dari koalisi Demokrat-PAN itu dilaporkan dalam keadaan baik-baik saja.

“Hasilnya memang keluar hari ini, tapi saya sudah melalukan isolasi mandiri sejak Jumat,” kata Mukhni.

Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat Jasman Rizal menyebut Ali Mukhni masuk kategori penderita COVID-19 asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG).

“Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan dari berbagai pihak soal adanya terkonfirmasi salah seorang kepala daerah di Sumbar terinfeksi COVID-19, maka dengan ini kami dari gugus tugas provinsi Sumbar menyatakan kepala daerah tersebut adalah Bapak Ali Mukhni Bupati Padang Pariaman,” kata Jasman secara terpisah.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 pada bulan ini. Erwin lalu menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal, mengatakan pihaknya menerima informasi Erwin Yunaz positif COVID-19 pada Rabu (19/8/2020).

“Kami dihubungi langsung Kepala Labor Unand, Pak Dokter Andani yang mengabarkan hasil tes swab Pak Wawako. Secara resmi kami juga sudah dapat laporan dari tim Gugus Tugas (provinsi),” jelas Bakhrizal.

Erwin diperkirakan terpapar Corona karena sempat terlibat kontak dengan pasien positif di Padang. Dia mengatakan Erwin dalam kondisi stabil.

“Ya, perkiraan kontak dengan orang yang juga positif,” katanya.

Editor : Aron
Sumber : detiknews