Setiap orang punya alasan untuk memilih jujur ataupun berbohong. Berdasarkan zodiak, tiap-tiap orang punya perbedaan pandangan mengenai keterbukaan. Ada yang merasa nyaman ketika berkata jujur, ada juga yang memilih untuk berbohong agar tidak menyakiti orang lain.
Dari urutan zodiak di bawah ini, apakah kamu termasuk tipe yang paling jujur atau lebih suka berbohong? Berikut ini penjelasannya.

1. Sagitarius

Sagitarius sangat anti dengan kebohongan. Mereka lebih menyukai keterbukaan dan bersikap jujur dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, kejujuran Sagitarius kerap ditanggapi negatif oleh zodiak lain karena dianggap terlalu kasar dan tidak sopan.
Zodiak ini akan menghormati kalian yang bersikap terbuka dan jujur terhadap mereka. Sebagai zodiak yang anti bohong, Sagitarius tidak suka ditipu dan biasanya mereka mudah menebak apakah kalian berbohong atau tidak. Meski terkesan blak-blakan, percayalah kalau Sagitarius hanya mengatakan fakta sesuai dengan apa yang mereka rasakan dan pikirkan. Namun, sepertinya Sagitarius harus mulai belajar menempatkan diri dan memilih kapan waktu yang tepat untuk berkata jujur.

2. Aries

Tanpa diminta, Aries akan langsung menyampaikan pendapatnya terhadap orang lain. Ia juga bisa secara mendadak memberi penilaian terhadap caramu berpakaian karena tidak bisa menahan isi pikiran mereka. Sifatnya ini bisa saja membuat orang lain merasa diserang. Namun, bila kamu mengajak Aries berdebat, mereka tidak akan segan membalas perkataanmu karena ia hanya mengatakan yang sebenarnya.
Jika kamu membutuhkan sosok yang jujur dan apa adanya, bertemanlah dengan Aries. Mereka sangat terbuka dan tidak malu menunjukkan jati dirinya.

3. Leo

Leo tidak takut mengatakan yang sebenarnya. Mereka akan berkata jujur dan bisa saja perkataannya menyakitimu. Bila tidak siap mendengar pernyataan tersebut sebaiknya jangan memulai topik yang hanya akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Sekali memancing Leo, segera siapkan pikiran dan mental kalian agar bisa menerima kejujurannya dengan lapang dada.
Menurut Leo, untuk menjadi seorang pemimpin mereka harus bersikap jujur. Itulah sebabnya mereka selalu berusaha mengatakan yang sebenarnya dan secara pribadi Leo sangat bangga dengan citra tersebut.
Peringkat Zodiak Mulai Paling Jujur hingga Hobi Berbohong, Kamu Urutan Berapa? (1)
Ilustrasi Perempuan Lagi Berpikir. Dok: Pexels

4. Cancer

Untuk menemukan sosok Cancer yang jujur, kalian harus membangun kedekatan dengan mereka. Cancer sangat menyayangi orang-orang yang dekat dengannya sehingga akan berusaha bersikap jujur terhadap orang tersebut. Begitulah cara mereka menghargai perasaan orang lain.
Namun bila mereka tidak dekat dengan kalian, Cancer akan menutup diri dan berusaha tidak menyakiti orang di sekitarnya lewat pernyataan jujur. Hanya orang-orang terdekat saja yang tahu kalau Cancer sebenarnya sangat mengutamakan kejujuran untuk memelihara hubungan yang baik.

5. Virgo

Virgo berada di antara kejujuran dan kebohongan. Mereka bisa melebih-lebihkan kebenaran dan bisa juga berbohong untuk menjaga perasaan orang yang mereka sayangi. Namun bila disuruh memilih, Virgo tetap akan mengutamakan kejujuran karena pada dasarnya mereka tidak ingin menyakiti orang lain.
Entah berkata jujur ataupun bohong, Virgo tidak pernah memiliki niat jahat. Mereka melakukan sesuatu berdasarkan kebutuhan dan kondisi yang sedang dihadapi.

6. Taurus

Taurus sangat tidak menyukai konflik. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk terhindar dari masalah, termasuk dengan berbohong. Mereka ingin menyelamatkan diri dan berusaha tetap berada dalam zona nyaman. Saat dalam situasi yang mengancam ketenangannya, Taurus akan langsung melakukan apa yang terlintas dalam pikiran mereka sambil berharap keputusannya ini tidak menjadi bumerang bagi dirinya.
Namun, bila punya kesempatan untuk berkata jujur, Taurus lebih memilih untuk mengatakan yang sebenarnya agar mereka bisa merasa lebih tenang.
Peringkat Zodiak Mulai Paling Jujur hingga Hobi Berbohong, Kamu Urutan Berapa? (2)
Ilustrasi Perempuan sedang Menyimak. Dok: Pexels

7. Scorpio

Berbeda dengan zodiak lain yang berbohong hanya di situasi tertentu, Scorpio akan bohong untuk membuat dirinya terlihat lebih baik. Mereka sangat tahu apa yang harus dikatakan untuk membuat kalian merasa sangat buruk. Selain itu, Scorpio cenderung dramatis dan ekstrem pada situasi tertentu. Mereka bisa saja berbohong untuk menceritakan hal-hal yang bagus, meskipun sebetulnya orang lain sudah mengetahui sifat jelek dari zodiak ini.
Meski termasuk dalam kategori tukang bohong, Scorpio akan menjadi sosok yang bisa dipercaya bila kamu berhasil mendekatinya.

8. Capricorn

Capricorn pintar mencari cara untuk menghindari kebenaran. Mereka tidak akan menjawab pertanyaan kalian dengan jujur sehingga mereka akan melontarkan kalimat sarkas agar terhindar dari pertanyaan tersebut. Kemampuannya ini membuat para Capricorn merasa lega saat menghadapi situasi kritis. Mereka tidak akan berkata jujur bila menurutnya kalian bukan orang yang tepat untuk mendapatkan kebenaran. Capricorn hanya akan terbuka pada orang-orang yang sudah dekat dengannya.

9. Aquarius

Tidak semua hal bisa disampaikan dengan jujur. Menurut Aquarius, ada beberapa hal yang tidak perlu diketahui orang lain sehingga mereka lebih memilih tidak mengatakan yang sebenarnya. Meskipun mereka punya kecenderungan berbohong, Aquarius pintar membuat kalian tetap memercayainya.
Sama seperti Taurus, zodiak ini tidak suka berkonfrontasi sehingga akan melakukan apa saja untuk menghindarinya, termasuk berbohong. Perkataan jujur dari Aquarius bisa menjadi hal yang menyakitkan untuk kalian sehingga mereka lebih memilih untuk tidak terbuka. Namun, kebohongan yang disampaikan Aquarius tentunya sudah dipikirkan secara matang dan sebisa mungkin tidak menjerumuskan kalian ke situasi yang buruk.
Peringkat Zodiak Mulai Paling Jujur hingga Hobi Berbohong, Kamu Urutan Berapa? (3)
Ilustrasi Peremuan Membicarakan Sesuatu. Dok: Pexels

10. Pisces

Pisces pintar menyusun kebohongannya dan tak jarang mereka pada akhirnya menipu diri sendiri. Bila ditanya mengapa berbohong, Pisces akan beralasan kalau itu dilakukan untuk menghargai perasaan orang lain.
Namun pada kenyataannya, alasan Pisces berbohong adalah untuk menyelamatkan diri sendiri agar tidak dikritik oleh orang lain. Bila bohong diperlukan, mereka dengan senang hati akan melakukannya.

11. Libra

Libra berbohong untuk keuntungan diri sendiri. Mereka tidak suka disalahkan sehingga para Libra akan memilih berbohong dan membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah. Libra tidak akan segan berdebat dengan kalian meskipun dirinya sudah terjebak dalam kebohongan yang dibuat sendiri. Selain untuk menipu orang lain, Libra bisa menggunakan kebohongannya untuk membuat orang lain merasa bahagia dan melihatnya sebagai sosok yang hebat.

12. Gemini

Sebaiknya kalian berhati-hati dengan perkataan Gemini. Mereka dikenal sebagai pembohong terbaik di antara zodiak lainnya karena mereka lebih sering berbohong dibanding mengatakan yang sebenarnya. Gemini bisa saja mengarang cerita dan membuat alasan yang sebetulnya tidak pernah terjadi.
Jika kalian mengenal seorang Gemini, belajarlah untuk tidak terbawa perasaan saat mendengar omongannya karena bisa saja yang disampaikannya adalah kebohongan.
Editor : Parna
Sumber : kumparan