Pendiri Amazon Jeff Bezos makin kaya. Pada Rabu (26/8) lalu, Forbes mendapuknya menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar US$200 miliar atau setara Rp2.920 triliun (kurs Rp14.600).

Kekayaannya menjulang kian tinggi setelah saham perusahaan pimpinannya, Amazon, naik 2 persen Rabu lalu. Kenaikan tersebut menambah US$4,9 miliar dari kekayaan bersih Bezos.

Harta pria berusia 56 tahun ini melebihi kekayaan orang terkaya di dunia, Bill Gates yang saat ini tercatat sebesar US$116 miliar.

Bahkan, dengan menyesuaikan tingkat inflasi, Forbes meyakini kekayaan Bezos adalah yang terbesar yang pernah terkumpul seorang individu.

Orang yang paling dekat adalah Gates, yang merupakan centibillionaire pertama di dunia ketika Microsoft mencapai puncaknya pada tahun 1999. Kala itu kekayaan bersih Gates melampaui US$100 miliar, kira-kira US$158 miliar dalam dolar saat ini.

Dipicu oleh perubahan kebiasaan konsumen akibat pandemi, saham Amazon melonjak hampir 80 persen sejak awal tahun. Sementara kekayaan bersih Bezos yang pada awal Januari terhitung sebesar US$115 miliar terus meroket.

Kepemilikan 11 persen Bezos di perusahaan Amazon menyumbang lebih dari 90 persen dari kekayaannya. Sisanya dikumpulkannya dari pemasukan dari beberapa usaha yang dimilikinya.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia