Presiden Jokowi memberikan arahan kepada para kepala daerah se-Provinsi Aceh, saat meninjau penanganan COVID-19. Salah satu yang ditekankan Jokowi adalah distribusi bantuan sosial.
“Sekali lagi yang berkaitan dengan bansos, stimulus ekonomi, tolong Pak Gubernur dan bupati, wali kota, dicek betul,” ucap Jokowi dalam paparan yang disiarkan live di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8).
Di antara bantuan itu adalah bansos lewat BLT Desa, bansos tunai, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), dan sembako serta subsidi listrik. Jokowi meminta pejabat di Aceh memastikan penyalurannya tepat.
“Betul-betul di lapangan benar enggak. Tadi sudah saya sampaikan lagi mengenai banpres (bantuan presiden) produktif pada pengusaha mikro dan kecil sebesar Rp 2,4 juta, langsung ke rekening mereka. Kita berikan ke 12 juta pengusaha. Ini kita harapkan bisa jadi stimulus ekonomi,” lanjut Jokowi.
Selain itu, Jokowi mengingatkan agar seluruh pejabat terkait di Aceh dapat melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran corona. Salah satunya dengan pemberlakuan PSBB di tingkat kampung.
“Agar angka (jumlah kasus di Aceh) 1.241 ini dicegah, jangan sampai nambah lagi. Diisolasi dan memang strategi yang paling pas dari beberapa provinsi, kabupaten, kota yang melakukan, ada strategi intervensi berbasis lokal. Jadi PSBB di tingkat kampung, di tingkat desa, itu yang paling gampang dikelola manajemennya,” tuturnya.
Editor : Aron
Sumber : kumparan