Tanaman herbal dipercaya memiliki beragam manfaat pada tubuh. Mulai dari menguatkan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh hingga membuat kulit lebih sehat.
Dari sekian banyak tanaman herbal yang ada di dunia, rupanya ada beberapa tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengembalikan gairah seksual. Biasanya, tanaman herbal yang biasanya banyak dikonsumsi para pria ini diolah sedemikian rupa dalam bentuk kapsul atau suplemen untuk dikonsumsi setiap hari.

Melansir dari berbagai sumber, berikut empat tananaman herbal yang biasa dikonsumsi untuk mengembalikan gairah seksual. Apa saja?

1. Yohimbe

4 Tanaman Herbal yang Dipercaya Mampu Kembalikan Gairah Seksual (1)
Yohimbe. dok. Herbco
Jenis herbal yang satu ini terbuat dari kulit pohon yohimbe pausinystalia dan corynanthe yang banyak ditemukan di Afrika Tengah dan Afrika Barat. Sejak dulu, yohimbe dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi impotensi dan meningkatkan kekuatan seksual.
Di Amerika Serikat, yohimbe digunakan sebagai salah satu obat disfungsi ereksi karena mengandung bahan kimia yang disebut yohimbine untuk meningkatkan alirah darah dan impuls saraf ke penis atau vagina. Namun, mengkonsumsi yohimbe harus dalam pengawasan dokter karena akan menimbulkan sejumlah efek samping yang parah seperti sakit peru, kecemasan atau kembung hingga pusing bila tidak dikonsumsi dengan tepat.
Bagi pria yang memiliki penyakit prostat, tidak dianjurkan mengkonsumsi yohimbe. Begitu pula dengan orang yang tengah mengkonsumsi obat pengencer darah dan mengidap diabetes, yohimbe tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena akan membuat darah encer. Selain itu, perempuan hamil dan menyusui juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi tanaman herbal ini.

2. Barrenwort

4 Tanaman Herbal yang Dipercaya Mampu Kembalikan Gairah Seksual (2)
Barrenwort. dok. Maja Dumat/Flickr
Rumput tanduk kambing atau yang lebih dikenal dengan nama barrenwort ini digunakan untuk membuat obat tradisional dalam mengatasi masalah seksual, lutut lemah, nyeri sendiri hingga kelelahan. Tanaman herbal ini diolah menjadi obat atau suplemen yang biasa didapatkan di toko obat tradisional.
Sama seperti yohimbe, mengkonsumsi barrenwort juga tak boleh sembarangan dan tak boleh dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan, mulai dari pusing, muntah, mulut kering hingga meningkatkan risiko kanker payudara.

3. Maca

4 Tanaman Herbal yang Dipercaya Mampu Kembalikan Gairah Seksual (3)
Maca. dok. Medical News Today
Maca adalah tanaman yang tumbuh di Peru, tepatnya di dataran tinggi Pegunungan Andes. Tanaman herbal ini telah dibudidayakan sebagai tanaman sayuran sejak 3000 tahun lamanya. Akar maca biasanya dibuat obat sebagai penambah darah, meningkatkan kesuburan dan disfungsi seksual. Makanya, tumbuhan ini banyak diolah sebagai sup atau minuman fermentasi yang disebut dengan maca chicha. Maca aman dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan tidak terlalu sering, yakni dengan dosis 3 gram per harinya.

4. Ginkgo Biloba

4 Tanaman Herbal yang Dipercaya Mampu Kembalikan Gairah Seksual (4)
Pohon Ginkgo yang dijuluki sebagai pohon abadi. Foto: piqsels
Pohon berukuran besar yang banyak ditemukan di Asia Timur ini dipercaya sebagai salah satu pohon tertua yang masih hidup hingga saat ini. Ada berbagai macam manfaat dari ginkgo, yakni melancarkan sirkulasi darah, sebagai antioksidan, meningkatkan fungsi seksual dan mempertajam daya ingat. Sedangkan biji ginkgo dipercaya untuk mengatasi bakteri dan jamur penyebab infeksi pada tubuh.
Saat ini, ginkgo biloba paling sering dibuat sebagai ekstrak untuk dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Namun, Anda yang meminumnya tidak boleh sembarangan dan harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena, tanaman herbal ini bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti detak jantung yang cepat, alergi, hingga kejang.
Editor : Aron
Sumber : kumparan