Presiden Jokowi memastikan sejumlah kemudahan akan didapatkan masyarakat jika nanti progres pembangunan jalan tol sudah berhasil dirampungkan.
Seperti jika progres jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan dari Aceh ke Lampung bisa diselesaikan dengan baik yang rencananya akan selesai di tahun 2024. Saat beroperasi, waktu perjalanan dari Bakauheni Lampung ke Banda Aceh atau sebaliknya, bisa dipangkas hingga 53 jam.
Hal itu diungkapkannya saat meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang di Aceh, Selasa (25/8).
“Ini dari data yang saya terima akan meningkatkan efisiensi waktu tempuh 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini dan meningkatkan multiplier effect 2-3 kali ini luar biasa kalau ini selesai insyaallah 2024,” kata Jokowi.
Jokowi Sebut Aceh-Lampung Disambung Jalan Tol di 2024, Bisa Pangkas Waktu 53 Jam (1)
Jalur Tol Trans Sumatra KM 277, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Foto: Andesta Herli Wijaya/ kumparan
Jokowi lantas menyebut total jarak yang akan dihubungkan jika berhasil menbangun jalan tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh sekitar 2.765 km. Nantinya, keberadaan tol tersebut akan meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di pulau Sumatera.
“Karena alasan ini dan kita tahu untuk menyambungkan aceh sampai ke lambung yang punya memiliki 2.765 km,” ujarnya.
“Kita harapkan mendorong pertumbuhan, mendorong pemerataan ekonomi, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di pulau sumatera dan tentu saja bisa meningkatkan efisiensi untuk waktu tempuh,” tambahnya.
Sejauh ini, Jokowi menyadari ketersediaan infrastruktur di Indonesia masih cukup kurang. Hal itu yang membuat infrastruktur di dalam negeri masih kalah dibandingkan negara lainnya. Tentu saja, kelemahan itu berpengaruh pada daya saing yang dimiliki Indonesia.
Jokowi ingin ada peningkatan lagi. Sehingga program pembangunan ini terus dijalankan sesuai target yang ditentukan.
Editor : Parna
Sumber : kumparan