Jakarta – Presiden Jokowi meminta Mendagri Tito Karnavian untuk mengingatkan para kepala daerah agar serius dalam penanganan pandemi COVID-19. Ia juga meminta para kepala daerah untuk terus bekerja keras menekan angka penularan virus corona.
“Agar komite dalam hal ini Mendagri mengingatkan kembali kepada Satgas di daerah, gubernur, bupati, wali kota agar betul-betul serius dan bekerja keras dalam rangka penanganan COVID-19 ini,” kata Jokowi di rapat terbatas bersama para menterinya terkait Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8).
Jokowi menekankan agar penanganan COVID-19 dengan pemulihan ekonomi bisa seimbang. Sehingga, hal tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Terutama dalam strategi menyeimbangkan antara gas dan rem untuk penanganan COVID-19 dan ekonomi dengan takaran yang tepat,” ujarnya.
Saat ini, pemerintah sudah mulai membuka operasi beberapa sektor industri di berbagai daerah. Sehingga, diharapkan, kondisi ekonomi Indonesia yang terpuruk akibat pandemi bisa segera pulih kembali.
Kendati demikian, Jokowi juga juga berpesan agar kampanye protokol kesehatan tetap dilakukan. Terutama kampanye penggunaan masker yang dipercaya bisa menjadi cara efektif terhindar dari virus corona sebelum vaksin ditemukan.
Hingga Minggu (23/8), sudah ada 153.535 kasus positif COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Dari jumlah itu, ada 107.500 pasien yang sudah berhasil sembuh.

 

Editor : Aron

Sumber : kumparan