Siapa yang tidak suka air kelapa? Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air kelapa juga memiliki manfaat yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menghindari dari beberapa penyakit. Salah satu yang bisa dihindari adalah penyakit penyerta COVID-19 seperti hipertensi, diabetes, dan jantung yang rentan terkena penyakit COVID-19.

Penyakit penyerta atau komorbid tersebut sangat berbahaya bagi pasien COVID-19 dikarenakan respons imunitas tubuh terhadap infeksi akan terganggu, dan ini menjadi sasaran empuk bagi COVID-19. Seorang dokter ahli gizi, dr Maya Surdjaja memberikan sebuah data yang berasal dari China. Sekitar 20-51% pasien COVID-19 di Wuhan, 1% mengidap penyakit penyerta.

“Di China itu tingkat kematiannya cukup tinggi yaitu sebesar 48,1% pasien dengan penyakit bawaan (penyerta). Tapi sebetulnya banyak studi lain yang mengatakan tingkat kematiannya itu 80%, sangat tinggi,” ujar dr Maya.

Bahaya dari penyakit penyerta ini juga ditambah dengan data dari pemerintah. Dikutip dari covid19.go.id sebanyak 50,5% pasien COVID-19 memiliki penyakit hipertensi, 34,4% mengidap diabetes melitus, dan 19,9% mengidap penyakit jantung.

Lebih lanjut, dr Maya mengatakan penyakit komorbid ini merupakan penyakit yang sudah ada dari dulu dan biasanya bersifat kronis. Namun, sebuah penelitian menemukan penyakit komorbid tersebut bisa dikurangi dengan mengonsumsi air kelapa.

Sebuah penelitian yang menggunakan tikus yang terpapar racun sebagai percobaannya, menemukan air kelapa menurunkan aktivitas radikal bebas yang ada di dalam tubuhnya. Radikal bebas inilah yang menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh seperti radang dan penyakit jantung.

Mengapa bisa begitu? Ini dikarenakan air kelapa mengandung antioksidan yang kuat seperti vitamin c yang mampu melindungi tubuh dengan menurunkan risiko stress oksidatif. Ketika tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka akan merusak sel-sel di dalam tubuh dan mudah terkena penyakit, termasuk penyakit komorbid.

Air kelapa juga memiliki tingkat kalium tinggi yang mampu menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Khasiat air kelapa ini terbukti dari hasil sebuah penelitian yang menemukan air kelapa dapat menurunkan tekanan darah hingga 71%.

Tak hanya itu, air kelapa juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung arginin yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah ke semua organ dalam tubuh. Pada perannya, kandungan air kelapa akan mengurangi kolesterol darah dan tingkat trigliserida.

Tingkat kolesterol yang tinggi pun dapat membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit jantung yang akhirnya dapat memperburuk kondisi seseorang bila terpapar COVID-19.

Dari segala keuntungan mengonsumsi air kelapa tersebut, ada baiknya untuk mengonsumsi 300mL air kelapa setiap harinya untuk menghindari risiko penyakit penyerta yang dapat memperparah kondisi ketika terpapar COVID-19.

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews