Enam pasien Kabupaten Bintan yang terkonfirmasi positif covid-19 pada Jumat (21/8) telah diisolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang. Mereka adalah kasus ke 31 sampai dengan kasus ke 36.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan 5 pasien positif covid-19 yang baru berasal dari Kabupaten Bintan yaitu Kecamatan Bintan Utara. Sedangkan satu pasien lagi dari luar daerah.

“Semalam ada tambahan 6 pasien lagi. 5 diantaranya dari Bintan dan satu dari luar daerah,” ujar Gama, Sabtu (22/8).

Lima pasien positif covid-19 dari Bintan Utara itu terpapar dari dua klaster. Yaitu Klaster RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban dan Klaster Jakarta.

Untuk Klaster RSUD EHD antara lain NA (35) serta DZ (1) dan DO (13). Ketiga orang ini adalah seorang ibu beserta dua anaknya. Mereka terpapar dari seorang honorer RSUD EHD yaitu D (44) merupakan pasien kasus ke 26. D merupakan suami dari NA atau ayah dari DZ dan DO. Rekan D yakni S (37) juga dinyatakan positif.

“4 orang yang positif Covid-19 ini merupakan hasil tracing orang-orang yang berkontak erat dengan kasus ke 26. Mereka semua orang Bintan Utara,” jelasnya.

Kemudian Klaster Jakarta adalah Jr (60) yang terpapar dari pasien kasus ke 25 yaitu ZI yang tak lain adalah anaknya. ZI merupakan seorang dokter lulusan UKI Jakarta, bersangkutan datang ke Bintan pada 4 Agustus lalu untuk melayat ibunya.

Lalu beberapa hari kemudian setelah ‘kepergian’ ibunya, ZI yang berusia 25 tahun itu mengalami gejala sesak napas. Lalu diambil swabnya dan dinyatakan hasil swabnya positif Covid-19 pada 14 Agustus. Selanjutnya ditracing keluarganya antara lain ayahnya (Jr), kekasihnya (J) dan kakaknya (CT) serta anak kakaknya.

“Setelah ditracing, kekasih ZI yakni J (26) dan abangnya ZI, CT (29) juga positif. Lalu ZI yang positif terlebih dulu meninggal dunia Selasa (18/8/2020) dan semalam ayahnya ZI yaitu Jr asal Bintan Utara juga dinyatakan positif,” katanya.

Sedangkan satu pasien positif lagi yang berasal dari luar daerah yaitu seorang pendatang dari Medan. Dia datang ke Bintan namun setelah diswab hasilnya terkonfirmasi positif covid-19.

Sehingga harus menjalani isolasi ke RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang bersama lima pasien lainnya.

 

Editor : Aron

Sumber : batamnews