Anda mungkin pernah mendengar ungkapan bahwa anak adalah peniru yang ulung. Ya Moms, itu sebabnya, sebagai orang tua kita harus selalu membiasakan berperilaku baik, karena anak akan meniru yang orang tua lakukan.
Meski begitu, nyatanya bukan anak saja yang belajar dari orang tua. Sebab faktanya, menjadi orang tua juga merupakan proses belajar, walau tak ada sekolahnya. Disadari atau tidak, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita tiru atau pelajari dari keseharian anak di rumah. Seperti dikutip dari Young Parents, ternyata Anda bisa meniru beberapa hal sederhana ini dari anak, Moms.
10 Hal yang Bisa Ditiru Orang Tua dari Anak (1)
ibu dan anak yang bahagia Foto: Shutterstock

1. Cara Menjadi Bahagia

Tak seperti kebanyakan orang dewasa, anak pada umumnya memiliki cara sederhana untuk mencapai kebahagiaan. Tak perlu memberikan hadiah mahal atau hal-hal yang rumit untuk membuatnya merasa nyaman.
Ya Moms, anak-anak bisa bahagia dengan cara yang mudah. Si kecil mungkin sudah bahagia hanya dengan kehadiran Anda yang mau menemaninya bermain. Belajarlah dari anak untuk bisa bersyukur dan memaknai kebahagiaan dari hal-hal sederhana.

2. Mempelajari Keterampilan Baru

Anda mungkin takut untuk melakukan hobi baru atau mempelajari keterampilan baru karena usia Anda. Namun si kecil tidak memiliki keraguan seperti itu, Moms. Jika dia ingin mempelajari keterampilan baru, biasanya mereka tidak ragu untuk melakukannya. Nah Moms, Anda sepertinya memang harus meniru sifat semangat si kecil. Jangan ragu bila ingin mempelajari keterampilan. Anggap saja, usia hanyalah angka.

3. Kreativitas

Anak-anak tidak takut untuk melukis di atas kertas, membuat sesuatu dari tanah liat, atau membuat sesuatu dengan karton, lem, serta selotip. Ya, mereka punya semangat tinggi untuk berkreasi. Anda pun seharusnya punya semangat yang sama dengan anak untuk selalu mengasah kreativitas.
10 Hal yang Bisa Ditiru Orang Tua dari Anak (2)
Ilustrasi anak belajar berbagi dengan menyumbangkan mainannya Foto: Shutterstock

4. Peduli dengan Orang Lain

Si kecil pada dasarnya peduli dan memiliki keinginan naluriah untuk membantu orang lain. Baik itu secara langsung, maupun tidak. Ya, misalnya saja hal sederhana, bagaimana ia peduli dengan temannya yang mungkin kurang mampu. Belajarlah bahwa ketulusan untuk membantu sesama perlu terus dipupuk hingga kita tua nanti. 

5. Cara Anak Mengatasi Masalah

Percaya atau tidak, anak Anda mungkin menghadapi berbagai tantangan kecil dalam hidup sepanjang hari tanpa mengeluh atau menyerah. Mulai dari bangkit sendiri saat terjatuh, mengasah pensil yang patah atau mungkin tak ambil pusing saat kalah bermain dengan teman di sekolah. Ya Moms, faktanya, terkadang masalah bisa terasa lebih berat ketika kita berpikir seperti itu. Cobalah untuk ambil napas, dan bersikap lebih tenang dalam menyelesaikan masalah.

6. Menyederhanakan Masalah

Seperti yang dijelaskan di atas, orang dewasa kerap kali membuat permasalahan yang dihadapi jadi lebih rumit. Misalnya, dengan mengamati masalah dari banyak sudut pandang, sampai Anda bingung untuk menyelesaikannya.
Memang benar, hal itu tidak salah untuk dilakukan. Tapi, saat Anda punya masalah, ada baiknya untuk punya lebih banyak waktu untuk mencari solusi daripada terus memperpanjang masalah. Cobalah lihat anak Anda, ketika ia berkonflik dengan temannya saat bermain, hal ini biasanya tidak berlangsung lama. Si kecil dan temannya akan saling berbaikan dan bermain bersama lagi.
10 Hal yang Bisa Ditiru Orang Tua dari Anak (3)
Ilustrasi Anak dan Teman-Temannya Foto: Shutterstock

7. Cara Berteman

Anak-anak biasanya punya hubungan sosial baru dengan mudah dan mendapat kenyamanan bermain bersama anak-anak lain lebih cepat, kecuali mereka tidak menyenangkan. Biasanya, si kecil mencari kesamaan minat atau permainan yang sama-sama disukai. Orang dewasa sering kali mengalami kesulitan mencari teman baru karena Anda membiarkan pengalaman negatif sebelumnya terlalu memengaruhi Anda.

8. Cara untuk Tertawa

Tidak perlu banyak waktu untuk membuat anak Anda tertawa terbahak-bahak. Humor-humor sederhana bisa membuatnya tertawa dalam hitungan detik. Lain kali, bila Anda melihatnya tertawa keras cobalah bergabung dengan kegembiraannya.
10 Hal yang Bisa Ditiru Orang Tua dari Anak (4)
Penggunaan gadget pada anak. Foto: Shutterstock

9. Belajar dan Beradaptasi dengan Teknologi

Tak bisa dipungkiri bahwa teknologi sekarang ini memang semakin maju. Sehingga, anak-anak pun lebih mudah beradaptasi dengan teknologi ketimbang kita sebagai orang tua. Jadi tidak ragu bertanya pada si kecil tentang fitur-fitur baru di dunia maya yang tidak Anda pahami.

10. Berolahraga

Anak-anak umumnya lebih aktif bergerak sepanjang hari. Mulai dari berlari bersama hewan peliharaan di rumah atau bermain yang melibatkan aktivitas fisik. Ya, mereka tampaknya tak mengenal kata ‘mager’, Moms.
Anda patut meniru anak untuk selalu semangat bergerak seperti ini. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, tentunya bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar. Jadi, semangat terus ya, Moms!
Editor : Parna
Sumber : kumparan