Ketika seseorang tertidur, lidah, mulut, tenggorokan, dan saluran udara menjadi rileks. Akibatnya, saluran pernapasan yang rileks itu bisa bergetar menimbulkan suara mendengkur atau ngorok.

Penyebab mendengkur juga dikaitkan dengan gaya hidup seseorang, seperti merokok, konsumsi alkohol, dan kelebihan berat badan. Faktor lainnya bisa dikarenakan gangguan tidur, seperti sleep apnea, atau posisi tidur, misalnya terlentang.

Mendengkur merupakan masalah tidur normal yang bisa diatasi sendiri. Akan tetapi apabila mendengkur disertai dengan kesulitan bernapas, sakit kepala di pagi hari, bangun dengan keadaan tenggorokan dan mulut kering, serta mengalami tersedak saat tidur, maka kamu harus konsultasi ke dokter.

Berikut tips berhenti mendengkur yang dapat kamu lakukan di rumah, seperti dikutip dari Medical News Today:

1. Mengatur posisi tidur di satu sisi

Seseorang lebih mungkin mendengkur jika mereka tidur telentang karena dapat menyebabkan lidah bergerak ke belakang tenggorokan. Hal ini membuat pernapasan menjadi lebih sulit, sehingga menyebabkan getaran mendengkur.

Tidur di satu sisi memungkinkan udara mengalir lebih lancar, sehingga mengurangi getaran. Cara ini dapat mengecilkan, bahkan menghentikan suara dengkuran.

2. Berhenti merokok

Selain membahayakan kesehatan secara keseluruhan, merokok dapat mengiritasi saluran udara, sehingga berpotensi memperparah dengkuran.

Berhenti merokok bisa menjadi salah satu upaya mengurangi, bahkan menghilangkan dengkuran.

3. Menambah bantal kepala

Menambah bantal kepala dapat membuat posisi kepalamu lebih tinggi. Hal ini dapat membantu membuka saluran udara, sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan dengkuran.

4. Menurunkan berat badan

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung mendengkur. Jaringan lemak dan otot yang buruk, terutama di sekitar tenggorokan, sangat berkontribusi dalam membuat dengkuran.

Makan dengan kalori terkontrol, melakukan diet sehat, dan olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

5. Tidak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur

Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat melemaskan otot tenggorokan. Saat otot-otot rileks, mereka lebih cenderung bergetar. Menghindari alkohol sebelum tidur dapat mengurangi atau menghentikan dengkuran.

 

Editor : Parna

Sumber : detikhealth