Putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, tak terima ditegur saat asyik menelepon di atas kabin ketika pesawat sudah boarding. Kejadian ini terjadi pada penerbangan pesawat Garuda Indonesia GA 643 Rute Gorontalo-Makassar-Jakarta pada Rabu (12/8) kemarin.
Mumtaz yang saat itu merupakan penumpang bisnis Garuda Indonesia sempat beradu argumen dengan kru kabin, saat diingatkan untuk mematikan smartphone. Kemudian, perdebatan semakin keras ketika Mumtaz kembali ditegur oleh penumpang lainnya yang merupakan Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango.
Sebenarnya, apa sih alasan kita tidak boleh menggunakan ponsel saat pesawat sedang mengisi bensin?
Bagi para traveler yang sering berpergian menggunakan pesawat terbang, tentu tahu jika pramugari selalu mengingatkan penumpang untuk mematikan ponselnya sesaat sebelum pesawat lepas landas dan baru boleh dinyalakan kembali saat pesawat sudah mendarat dan terparkir di bandara.
Begitupun saat pesawat sedang mengisi bahan bakar. Dilansir Travel Stack Exchange, alasan di balik peraturan ini adalah untuk menghindari kebakaran yang terjadi di pesawat. Proses pengisian bensin menghasilkan uap bahan bakar yang memenuhi atmosfer di sekitar zona pengisian bahan bakar, yang menyebabkan mudah terbakar dan meledak.
Sebab gelombang elektromagnetik pada ponsel dapat memicu terbakarnya uap bahan bakar itu sendiri. Penggunaan perangkat elektronik di sekitar kabin saat pesawat mengisi bahan bakar dapat menghasilkan percikan api di dalam sirkuit dan komponen.
Ini Bahaya Pakai Smartphone saat Pesawat Sedang Isi Bahan Bakar (2)
Ilustrasi penumpang wanita duduk di bangku tengah pesawat sambil bekerja Foto: Shutter Stock
Selain itu, penggunaan ponsel di dalam pesawat juga dapat menyebabkan gangguan saat penerbangan. Menurut Federal Communication Commission (FCC), frekuensi radio yang dipancarkan ponsel dan perangkat elektronik lainnya dapat mengganggu jaringan menara pemancar dan penerima sinyal di darat.
Kalau kamu tidak mematikan ponsel atau mengaktifkan Airplane Mode, setiap kali pesawatmu melalui menara pemancar, ponselmu akan berusaha membuat koneksi. Sinyal tersebut akan menyebabkan gangguan pada navigasi pesawat.
Selain itu, baterai dalam ponsel juga akan lebih cepat terkuras habis. Sebab, perangkatmu butuh daya yang lebih besar untuk memindai dan terhubung dengan koneksi yang tersedia, sementara pesawat terus bergerak dengan kecepatan tinggi.
Editor : Parna
Sumber : kumparan