Ilmuwan menemukan fakta jalan-jalan santai di pantai dapat meningkatkan kesehatan mental. Bahkan, orang yang tinggal di dekat pantai pun disebut lebih bahagia.

Peneliti dan psikolog menyebut, suasana hati (mood) manusia dapat membaik jika ia bepergian ke alam. Salah satunya termasuk berjalan-jalan di pantai.

Hal itu disebut dalam studi terbaru yang dilakukan Barcelona Institute for Global Health. Dari hasil studi itu dijelaskan bahwa jalan-jalan singkat di pantai bermanfaat untuk kesehatan mental dan melawan depresi.

Sebelumnya, sebuah studi menyebut kegiatan ini sebagai blue spaces (ruang biru) yang dapat menjadi kunci untuk kualitas hidup yang lebih baik. Bahkan dikatakan pula, orang yang tinggal di dekat pantai ternyata hidupnya lebih bahagia daripada di perkotaan.

Dilansir dariĀ Metro, peneliti mendapatkan hasil tersebut lewat studi pada 60 responden sebelum, selama, dan setelah menghabiskan waktu selama 20 menit di lingkungan yang berbeda-beda. Penelitian ini berlangsung selama 3 minggu dimana pada minggu pertama responden diminta berjalan di pantai, minggu kedua berjalan di jalanan kota, dan minggu ketiga beristirahat di dalam ruangan.

Turis liburan di Pantai Kuta, Bali

 

Editor : Aron

Sumnber : detik