Penyebaran virus corona di Indonesia masih belum terkendali. Bahkan hari ini, Kamis (13/8), kasus positif mengalami penambahan sebanyak 2.098 orang.
Data ini dipaparkan Satgas Penanganan COVID-19 yang dicantumkan di website kemkes.go.id. Dengan demikian, total kasus positif corona di Indonesia kini berjumlah 132.816.
Berkali-kali Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya untuk mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi gelombang kedua corona.
“Jangan sampai kita masuk ke lubang kedua. Second wave yang memperlambat kita untuk pulih kembali. Kuncinya adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Jokowi, Sabtu (8/8).
Namun, banyak pihak termasuk ahli kesehatan menilai gelombang pertama corona belum selesai, bahkan kurva semakin naik.
Uji Klinis Vaksin Corona
BREAKING NEWS: Meningkat 2.098, Kasus Positif Corona di RI Kini 132.816 (1)
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8). Foto: M Agung Rajasa/ANTARA FOTO
Pada Selasa (11/8), vaksin corona Sinovac diuji klinis tahap 3. Nantinya akan ada 1.620 relawan yang akan menjalani proses ini.
Dijadwalkan vaksin ini beredar di masyarakat pada Januari 2021. Untuk tahap awal, pemerintah menargetkan memproduksi 320 juta dosis vaksin melalui Bio Farma.
Pada fase berikutnya, akan ditingkatkan menjadi 500 juta dosis. Menteri BUMN Erick Thohir memastikan vaksin ini halal.
Editor : Parna
Sumber : kumparan