Kisah dongeng bak cinderella masih mungkin terwujud di Liga Champions musim ini. Tiga calon yang mungkin mewujudkan cerita tersebut adalah AtalantaRB Leipzig, dan Olympique Lyon.

Liga Champions musim ini menghadirkan kejutan besar dengan banyaknya klub-klub kuda hitam yang masih bertahan hingga babak delapan besar. Atalanta, RB Leipzig, dan Olympique Lyon ada di tengah-tengah klub-klub besar lain yang lebih diunggulkan macam Barcelona, Bayern Munchen, Manchester City, Atletico Madrid, dan Paris Saint-Germain.

Namun andai mereka berhasil jadi juara, tentu Liga Champions 2019/2020 bakal jadi salah satu Liga Champions yang paling dikenang sepanjang masa.

Berikut tiga klub yang berpeluang mewujudkan dongeng cinderella di Liga Champions musim ini:

1. Atalanta

Atalanta bukanlah klub dengan tradisi kuat di Italia. Mereka tak pernah juara Liga Italia dan pencapaian terbaik adalah Coppa Italia 1962/1963. Atalanta justru jadi salah satu klub yang sering bolak-balik degradasi ke Serie B.

Namun sejak ditangani Gian Piero Gasperini, Atalanta berubah drastis. Mereka bisa tampil di Liga Europa yang kemudian dilanjutkan pada Liga Champions musim ini. Atalanta juga sudah memastikan lolos ke Liga Champions musim depan.

Atalanta's Marten de Roon, third left, celebrates with his team after scoring a goal during a Serie A soccer match between Atalanta and Brescia, at the Gewiss Stadium in Bergamo, Italy, Tuesday, July 14, 2020. (Gianluca Checchi/LaPresse via AP)Atalanta jadi satu-satunya tim Italia yang masih bertahan di Liga Champions. (AP/Gianluca Checchi)

Di Liga Champions musim ini, Atalanta sukses lolos dari penyisihan grup meski gagal menang di tiga laga awal.

PSG bakal jadi adangan selanjutnya untuk Atalanta di babak perempat final. Namun dengan beban besar di pundak PSG yang sudah lama bermimpi main di Eropa, Atalanta bisa punya celah untuk memanfaatkan hal itu dan melanjutkan perjalanan ke fase semifinal.

2. RB Leipzig

RB Leipzig baru berdiri di tahun 2009 dan memulai perjalanan dari kasta kelima sepak bola Jerman. Mereka sudah tiba di Bundesliga pada musim 2016/2017 dan langsung menjadi runner up. Sejak saat itu RB Leipzig jadi langganan sebagai wakil Jerman di kompetisi Eropa.

Di babak perempat final, RB Leipzig bakal bertemu Atletico Madrid. Meski Atletico juga belum pernah memenangkan Liga Champions, mereka tetap lebih berpengalaman karena sudah tiga kali tampil di partai final Liga Champions dan sudah tiga kali jadi juara Liga Europa.

Dibandingkan Atalanta dan RB Leipzig, Lyon jauh lebih berpengalaman dari dua klub tersebut. Lyon pernah jadi penguasa Liga Prancis dengan tujuh gelar liga pada era 2000-an.3. Olympique Lyon

Namun dalam satu dekade terakhir, Lyon tak lagi berkuasa di Prancis seiring dengan kehebatan Paris Saint-Germain.

Lyon's goalkeeper Anthony Lopes, right, celebrates after the Champions League round of 16 second leg, soccer match between Juventus and Lyon at the Allianz stadium in Turin, Italy, Friday, Aug. 7, 2020. Lyon will play in the quarter finals. (AP Photo/Antonio Calanni)Olympique Lyon lolos ke perempat final dengan mengalahkan Juventus. ( AP/Antonio Calanni)

Sukses Lyon menyingkirkan Juventus di babak 16 besar membuat mereka berpeluang menciptakan kisah cinderella di musim ini. Namun langkah Lyon tak akan mudah karena mereka bakal berjumpa dengan tim bertabur bintang Manchester City di babak perempat final.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia