Barcelona kalahkan Napoli pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2019/20. Skor akhir laga di Camp Nou pada Minggu (9/8) dini hari WIB itu adalah 3-1.
Gol-gol dicetak oleh Clement Lenglet, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Lorenzo Insigne. Artinya, dengan skor agregat akhir adalah 4-2, maka Barcelona berhak melaju ke perempat final, menantang Bayern Muenchen.
Pasukan Quique Setien mengawali laga ini dengan produktivitas gol agregat 1-1. Namun, apakah Blaugrana bermain defensif?
Tentu tidak, mereka mengambil inisiatif serangan. Begitu juga Napoli yang memburu gol guna lolos ke 8 besar. Hasilnya, baru 2 menit selepas sepak mula, Mertens sudah bisa melepas tembakan yang membentur mistar gawang Barcelona. Nyaris.
Akan tetapi, 10 menit laga berjalan, Barcelona memecah kebuntuan. Memanfaatkan momen sepak pojok, bola sundulan Lenglet yang memanfaatkan umpan Rakitic menjebol gawang Ospina. 1-0.
Hasil Liga Champions: Enyahkan Napoli, Barcelona ke Perempat Final UCL (2)
Aksi pemain Barcelona Clement Lenglet saat mencetak gol ke gawang Napoli di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (8/8). Foto: Albert Gea/REUTERS
Tertinggal satu gol, Partenopei berusaha menyamakan kedudukan. Namun, mereka malah lagi-lagi kebobolan pada menit 23.
Messi menunjukkan skill dribel briliannya dalam mengecoh sejumlah pemain Napoli di kotak penalti. Lalu, dia menendang bola melewati celah sempit untuk mengubah skor jadi 2-0.
Enam menit berselang, La Pulga cetak gol lagi. Berawal dari tendangan Suarez hasil umpan De Jong yang berhasil ditepis Ospina, bola liar lalu diarahkan De Jong kepada Messi.
Messi yang saat menerima bola sedang ditempel oleh Rui nyatanya mampu kembali membobol Ospina. Walau begitu, sayangnya, gol itu tak disahkan wasit usai meninjau VAR. Messi yang melakukan kontrol dada sebelum menendang dianggap handball.
Hasil Liga Champions: Enyahkan Napoli, Barcelona ke Perempat Final UCL (4)
Pemain Barcelona Lionel Messi saat mencetak gol (yang dianulir) ke gawang Napoli di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (8/8). Foto: Albert Gea/REUTERS
Sudah jatuh, tertimpa tangga. Sudah golnya dianulir, Messi lalu terkapar di lapangan jelang turun minum.
Koulibaly yang sedang membawa bola berusaha melepas umpan panjang ke depan. Namun tanpa disadarinya, kaki Messi sudah masuk di depan kakinya, sebelum bek asal Senegal itu menendang.
Alhasil, alih-alih mengenai bola saat menendang, kaki Koulibaly malah menghajar kaki Messi dan adegan selanjutnya adalah Messi terkapar di lapangan.
Namun, fans Barcelona bisa bernafas lega karena Messi tampak tak alami cedera parah. Berita baiknya lagi, Barcelona mendapat hadiah penalti.
Suarez yang jadi eksekutor sukses mengubah skor jadi 3-0 pada menit 45. El Barca perlebar jarak agregat.
Memasuki menit ketiga perpanjangan waktu, giliran armada Gennaro Gattuso yang dihadiahi penalti oleh wasit. Insigne yang menjadi algojo sukses mengubah skor jadi 3-1 dan itu bertahan hingga jeda babak pertama.
Pada babak kedua, Napoli belum mau menyerah. Wakil Liga Italia itu tetap memburu gol dengan ngotot. Hingga menit 51, mereka punya peluang dari tendangan bebas dan dua sepak pojok, tetapi belum membuahkan gol.
Pada menit 52, Insigne melepas sundulan jarak dekat. Namun, bola masih bisa ditangkap Ter Stegen.
Hasil Liga Champions: Enyahkan Napoli, Barcelona ke Perempat Final UCL (7)
Aksi pemain Napoli Lorenzo Insigne saat laga melawan Barcelona di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Sabtu (8/8). Foto: Albert Gea/REUTERS
Di sisi lain, Barcelona juga masih sesekali melancarkan serangan dan ancaman ke gawang Napoli. Messi kembali punya peluang mencetak gol pada menit 65 kala sepakannya yang memanfaatkan umpan Alba mengarahkan ke gawang, tetapi gagal jadi gol.
Hingga 25 menit setelahnya, tak ada gol tercipta. Pada menit 80, Napoli sempat mencetak gol lagi, tetapi sayang dianulir karena offside.
Dengan hasil ini (agregat 4-2), Barcelona berhak melaju ke perempat final UCL. Mereka menantang Bayern Muenchen.
Editor : Parna
Sumber : kumparan