Bagi sebagian orang, kuku merupakan bagian tubuh yang sering terabaikan. Padahal rupa kuku bisa menjadi salah satu cerminan kesehatan dari tubuh.

Di bawah kuku terdapat banyak pembuluh darah kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga normalnya akan menimbulkan warna kemerah-merahan. Karena itulah warna tersebut bisa berubah-ubah sekaligus menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami penyakit serius.

Jika warna pada kuku anda terlihat tidak normal dan disertai gejala-gejala tidak sehat, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan kondisi tubuh anda yang sebenarnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut arti-arti dari kondisi dan warna yang berubah pada kuku yang harus anda ketahui.

Kuku Pucat

Jika kuku anda berwarna pucat ini bisa jadi anda mengalami anemia atau kurang darah. Tapi apabila kuku anda sudah sangat pucat, sebaiknya periksa ke dokter karena bisa juga merupakan tanda awal anda menderita diabetes atau gangguan pada liver.

Kuku Putih 

Sebenarnya kuku secara alami memiliki titik atau warna putih di ujungnya. Akan tetapi jika seluruh kuku berwarna putih, ini bisa menjadi tanda bahwa anda memiliki penyakit hati, gagal ginjal, diabetes atau gagal jantung kongestif.

Kuku kuning

Kuku yang berwarna kuning dengan pembengkakan tangan bisa menjadi tanda bronkitis kronis. Tetapi umumnya warna kuning pada kuku menandakan penuaan usia dan kebiasaan buruk seperti merokok atau anda terlalu sering menggunakan cat kuku.

Kuku Mengelupas

Tidak banyak yang perlu dikhawatirkan dengan kuku yang kelupas. Jika kuku anda mengelupas, kemungkinan kuku anda terlalu banyak terkena uap air atau terlalu lama ditutupi cat kuku.

Kuku biru

Jika kuku anda berwarna biru kehitaman bisa saja menggambarkan kondisi bahwa anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Atau bisa juga menjadi tanda bahwa ada racun tertentu di tubuh anda.

Kuku biru juga bisa menjadi karena efek samping obat-obatan tertentu atau tanda dari penyakit seperti asma, penyakit paru obstruksi kronis, anemia berat atau gangguan pembuluh darah tepi.

Garis Merah Pada Kuku

Infeksi pada katup jantung dapat menyebabkan bercak pendarahan berwarna merah yang akan muncul di dasar kuku anda.

Kuku Clubbing 

Kuku Clubbing atau yang juga disebut jari tabuh adalah kelainan bentuk jari dan kuku yang membuat jari tangan atau kaki menebal, membulat serta membengkak besar.

Biasanya ini bertanda bahwa ada masalah seperti paru-paru, kanker, infeksi. Jari tabuh juga bisa menjadi pertanda penyakit yang memengaruhi seberapa banyak oksigen yang diperoleh dari jantung yang bisa membuat kuku tersumbat hingga bengkak.

Garis Gelap di Bawah Kuku

Garis-garis gelap yang muncul di bawah kuku bukanlah pertanda baik. Jika anda sering mengalami gejala ini, segeralah berkonsultasi ke dokter karena itu bisa menjadi salah satu tanda penyakit melanoma agresif.

Melanoma adalah jenis kanker kulit paling berbahaya, berkembang dengan gangguan sel yang memproduksi melanin pigmen yang memberikan warna kulit. Kebanyakan melanoma terlihat seperti tahi lalat baru, dan kadang berkembang di bawah kulit.

 

Editor : Parna

Sumber : kumparan