Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk mantan wadanjen Kopassus Mayjen TNI Richard TH Tampubolon sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI. Richard menggantikan Mayjen TNI Rochadi yang pensiun.

Penunjukan Richard tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Richard dilantik Panglima TNI di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020). Pelantikan ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1497/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020.

“Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Letkol Sus Aidil dalam laman resmi TNI, dikutip iNews, Senin (3/8/2020).

Jenderal pertama yang ditunjuk untuk mengomando organisasi baru ini yaitu Mayjen TNI Rochadi. Pada Juni 2020, dia diganti karena memasuki masa pensiun. Selama sebulan kosong, jabatan strategis itu akhirnya dipercayakan kepada Richard Tampubolon.

Richard Tampubolon merupakan abituren atau lulusan Akademi Militer 1992 dari kecabangan infanteri. Kariernya banyak dihabiskan di Kopassus.

Lulus dari Lembah Tidar, Magelang, Richard bertugas sebagai Pabandya Lid Sintel Makopassus. Setelah itu ditunjuk sebagai Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadangrup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus (2014), Dangrup 2 Kopassus (2014-2015) serta Dangrup 3 Kopassus (2015-2015).

Richard juga pernah dipercaya sebagai Danrindam VI/ Mulawarman (2016) dan Danrem 023/Kawal Samudera (2016-2017). Namun rekan seangkatan Erwin Djatniko (Waasrena KSAD bidang Perencanaan) ini akhirnya kembali ke Cijantung dengan menjabat wadanjen Kopassus.

Kariernya terus menanjak. Sebelum ditunjuk sebagai Dankoopssus TNI, Richard merupakan Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan I). Selama tujuh bulan dia menempati jabatan tersebut.

Richard merupakan putra almarhum Mula Jadi Tampubolon, seorang tokoh masyarakat Sumatera Selatan. Mula Jadi merantau dari kampung kelahirannya di Balige, Sumatera Utara ke Palembang.

Mula juga pernah menjadi wartawan, politikus hingga pengusaha sukses. Dia juga tercatat pernah menjadi ketua Komisi Tinju Indonesia Sumsel.

Richard Tampubolon juga memiliki saudara kandung yang berkarier di militer. Adiknya, Benny Tampubolon bertugas di Kodam II Sriwijaya.

Sekadar diketahui, Pembentukan Koopsus merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Tugas dari Koopsus TNI adalah mengatasi aksi-aksi terorisme, baik di dalam maupun luar negeri yang mengancam ideologi, keselamatan serta keutuhan Bangsa Indonesia. Tim Koopsus berasal dari tiga matra TNI yang memiliki kecepatan dan akurasi yang tinggi.

Markas komando Koopssus bersifat permanen. Pasukannya dirotasi dari masing-masing pasukan elite tiap matra, Kopasus, Koopsus, dan Kopaskhas.

 

Editor : Parna

Sumber : okenews