Buah merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat sedang diet atau menurunkan berat badan. Pilihlah buah yang rendah karbohidrat karena sebagian buah tinggi kandungan karbohidrat.

Buah memiliki gula alami yang dapat menambah jumlah karbohidrat harian. Meskipun menambah jumlah karbohidrat, karbohidrat yang dihasilkan itu merupakan sumber karbohidrat sehat.

Berikut 7 buah rendah karbohidrat.

1. Semangka

Buah yang memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, memiliki karbohidrat yang lebih sedikit. Salah satunya adalah semangka. Semangka memiliki kandungan air mencapai 92 persen, membuatnya menjadi buah dengan karbohidrat paling rendah.

Dikutip dari Web MD, setiap 100 gram semangka hanya mengandung 7,5 gram karbohidrat. Buah semangka juga kaya akan vitamin A dan C.

2. Melon

Mirip dengan semangka, melon juga sangat rendah karbohidrat. Setiap 100 gram buah melon mengandung sekitar 8 gram karbohidrat. Buah melon juga bebas kolesterol, rendah sodium, kaya vitamin A dan C. Buah melon juga sumber folat yang baik untuk ibu hamil.

3. Stroberi

Dikutip dari Health Line, dari kelompok buah beri, stroberi memiliki karbohidrat paling sedikit. Setiap 100 gram stroberi mengandung 7,7 gram karbohidrat dan 2 gram serat.

Kandungan vitamin C dan fitonutrien dalam stroberi membuat buah ini memiliki sifat antikanker, anti radang, dan baik untuk jantung.

4. Alpukat

Alpukat juga rendah karbohidrat. Setiap 100 gram alpukat mengandung 8,5 gram karbohidrat. Buah ini juga kaya akan serat dan kalium. Selain itu alpukat juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan tubuh.

5. Nanas

Setiap 100 gram nanas mengandung 11 gram karbohidrat. Nanas juga merupakan sumber mangan, mineral penting untuk sistem saraf, hormon, dan gula darah.

Nanas juga mengandung bromelain, enzim yang dapat mencerna protein sehingga baik dikonsumsi saat memakan daging.

6. Tomat

Buah tomat juga rendah karbohidrat. Setiap 1 buah atau 100 gram tomat hanya mengandung 3,2 gram karbohidrat saja. Tomat juga merupakan sumber vitamin C dan K, kalium, dan folat.

7. Jeruk

Buah jeruk juga kaya akan air. Setiap satu buah jeruk ukuran sedang mengandung 13 gram karbohidrat.

Jeruk merupakan sumber serat, vitamin C, tiamin, folat, dan antioksidan yang baik untuk mengatasi peradangan. Buah jeruk juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia