Rempah-rempah bernama saffron biasa digunakan sebagai bumbu masakan dalam membuat makanan India atau Timur Tengah. Namun ternyata, saffron juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.
Bagi Anda yang belum tahu, saffron berasal dari bunga kuma-kuma yang banyak terdapat di Asia Barat, tepatnya di daerah yang seringkali hujan di musim semi dan cenderung kering di musim panas.b Selain itu, saffron juga disebut-sebut sebagai rempah termahal di dunia karena bisa mencapai harga Rp 190 ribu hingga Rp 480 ribu per gramnya.
Tak heran, rempah ini banyak diburu sebagai obat tradisional dalam mengatasi batuk, pilek, masalah pencernaan, insomnia hingga melancarkan peredaran darah, termasuk juga untuk merawat kecantikan kulit. Di dunia kecantikan, saffron pun bisa digunakan sebagai toner dan masker wajah, hingga mengatasi bekas jerawat.
Dilansir dari berbagai sumber, berikut rangkum lima manfaat saffron untuk kecantikan kulit:

1. Digunakan sebagai toner wajah

Saffron bisa digunakan sebagai toner wajah dengan cara memasukkan beberapa helai saffron ke dalam air mawar. Diamkan selama 15 menit, kocok hingga merata dan pulaskan ke wajah yang telah dibersihkan.
Jadi Toner hingga Masker Wajah, Ini 5 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit (1)
Bunga Saffron Foto: Shutter Stock

2. Mencerahkan kulit kusam

Merasa kulit kusam tidak bercahaya? Anda bisa menggunakan saffron untuk mengembalikan rona alami kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa helai saffron dengan susu yang belum dipasteurisasi dan perasan jeruk lemon. Diamkan selama satu jam hingga saffron menyatu sempurna dengan susu kemudian pulaskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

3. Mengatasi bekas jerawat

Bekas jerawat yang mengganggu penampilan bisa diatasi dengan menggunakan saffron yang direndam ke dalam air bersamaan dengan daun basil hingga berbentuk pasta. Kemudian Anda bisa mengoleskannya pada wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.
Saffron yang bersifat antifungal (anti jamuran) bekerja dengan baik jika dicampurkan dengan daun basil yang antibakteri. Anda pun bisa menambahkan bubuk kunyit yang bekerja sebagai antiseptik untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat.
Jadi Toner hingga Masker Wajah, Ini 5 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit (2)
Mengatasi mata panda dengan saffron. Foto: Freepik

4. Mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata

Lingkaran hitam di sekitar mata bisa diatasi dengan menggunakan masker yang terbuat dari dua atau tiga helai saffron ke dalam satu sendok teh air putih dan didiamkan selama semalaman. Kemudian, tambahkan satu sendok teh susu, 2-3 tetes minyak kelapa atau zaitun dan sedikit gula. Campur seluruh bahan hingga merata dan oleskan di bagian bawah mata. Diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih.
Masker mata ini berfungsi untuk menghilangkan kulit kusam di area mata, mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan tekanan darah. Hasilnya, kulit terlihat lebih halus dan bercahaya.

5. Dijadikan masker wajah

Saffron mengandung senyawa bernama crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Anda bisa menggunakannya untuk membuat kulit lebih bersinar dengan cara mencampurkan beberapa helai saffron dengan madu, kemudian pijat perlahan pada wajah. Selain untuk melancarkan peredaran darah di wajah, cara ini juga bisa menghidrasi serta menghaluskan kulit.
Jadi Toner hingga Masker Wajah, Ini 5 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit (3)
Cara Mencerahkan Wajah dengan Saffron. Foto: Shutter Stock
Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat masker wajah dari susu, helaian saffron dan bubuk cendana. Campurkan seluruh bahan hingga bertekstur seperti pasta kemudian pulaskan pada wajah.
Nah, bagaimana Ladies? Siap mencoba saffron untuk merawat kecantikan kulit Anda?
Editor : Parna
Sumber : kumparan