Beberapa negara di dunia telah masuk ke jurang resesi, bahkan negara adidaya seperti Amerika Serikat (AS) pun menjadi salah satunya. AS dinyatakan resesi setelah ekonominya di kuartal II-2020 -32,9% dan sebelumnya di kuartal I-2020 -5%.

Resesi di negeri Paman Sam ini dinilai akan banyak berpengaruh signifikan ke ekonomi Indonesia. Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menjelaskan imbas resesi ekonomi AS akan cukup terasa bagi ekonomi nasional.

Menurut perhitungannya setiap 1% pertumbuhan ekonomi AS terkoreksi akan berpengaruh terhadap 0,02-0,05% pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Efek resesi AS juga akan memberikan dampak pada kepercayaan investor dalam berinvestasi di aset yang beresiko tinggi seperti saham. Perubahan perilaku investor semakin mengincar safe haven seperti emas dan government bond,” ungkap Bhima kepada detikcom, Minggu (2/8/2020).

Dengan begitu, akan ada arus keluar modal asing dari pasar modal Indonesia. Efek lain adalah turunnya kinerja ekspor ke AS sebagai mitra dagang utama.

“Resesi di AS membuat daya beli konsumen menurun, dan otomatis permintaan ekspor seperti komoditas, tekstil, pakaian jadi, olahan kayu dan alas kaki merosot khususnya pada semester II-2020,” jelas Bhima.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet menambahkan, resesi AS tidak seperti resesi Hong Kong, Korsel, Singapura dan negara lainnya. Resesi ekonomi AS akan memiliki dampak signifikan bagi perdagangan Indonesia.

“Resesi AS perlu diwaspadai karena AS merupakan partner dagang terbesar Indonesia setelah China. Share ekspor Indonesia ke AS sebesar 10%. Jika dilihat dari produk, 50% ekspor alas kaki dan tekstil Indonesia juga dikirim ke AS,” kata Yusuf.

Sementara produk Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) merupakan salah satu produk ekspor unggulan Indonesia. Artinya resesi AS berpotensi akan semakin menekan kinerja ekspor Indonesia di tahun ini.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah menerangkan, dari sederet negara yang mengalami resesi kebanyakan terpengaruh turunnya ekspor. Namun menurutnya hal itu tidak akan berdampak signifikan buat Indonesia karena roda ekonominya tidak terlalu bergantung terhadap ekspor.

“Jadi resesi di AS Dan di banyak negara lainnya tidak akan menambah buruk perekonomian Indonesia. Dampak resesi di berbagai negara termasuk AS sudah kita rasakan di mana ekspor kita sudah menurun. Tidak akan berdampak lebih besar lagi. Perekonomian kita sudah terkontraksi, khususnya oleh karena wabah yang menyebabkan konsumsi dan investasi kita menurun,” papar Piter.

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews