Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Bintan semakin bertambah. Kali ini, kasus tersebut sudah menginfeksi ring 1 atau orang terdekat Bupati Bintan.
Diketahui, salah seorang sopir Bupati Bintan, In (24), dinyatakan positif COVID-19. Ia dinyatakan positif berdasarkan hasil uji swab PCR Laboratorium Batam pada Jumat (31/7) kemarin.
“Iya hasil swab-nya positif, dan saat ini sudah dirawat di RSUP RAT Kepri,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan, Gama AF Isnaeni, Sabtu (1/8).
Ia menjelaskan, yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke Kota Batam untuk mengantarkan Bupati Bintan, Apri Sujadi. Sepulang dari Batam pada 29 Juli, In mengalami demam dan memeriksakan kondisi tubuhnya ke fasilitas kesehatan.
Kemudian, tim medis Kabupaten Bintan berinisiatif mengambil sample swab, lalu dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam dan hasil yang diterima positif.
“Setelah dinyatakan positif, kita langsung telusuri orang-orang yang kontak erat dengan yang bersangkutan,” jelasnya.
Menurut Gama, saat ini yang bersangkutan sudah dirawat dan diisolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri di Batu 8 Kota Tanjungpinang.
Selain itu, lanjutnya, tim medis juga akan mengambil sampel swab Apri Sujadi beserta Deby Maryanti dan keluarga lainnya Minggu (2/8).
“Kita minta bagi yang kontak erat dengan In segera karantina bila tidak sakit. Jika sakit segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit,” ucapnya.
Editor : Parna
Sumber : kumparan