Bengkel spesialis modifikasi mesin, Oji Motor 2 Silinder (OM2S) yang berlokasi di Cipondoh, Kota Tangerang bikin geleng-geleng kepala. Mereka berhasil menetaskan Yamaha NMax berkonfigurasi mesin 2-silinder.
Pemilik OM2S, Rizki Fauzi, mengklaim NMax rakitannya merupakan versi 2-silinder pertama di dunia.
“Yang NMax ini projek pertama kita, dan sepertinya jadi yang pertama, bahkan di dunia,” kata Oji sapaan karibnya, Rabu (29/7).
Sebenarnya, target awal Yamaha NMax 2-silinder ini diproyeksi bakal rampung pada awal tahun lalu. Namun, karena banyaknya orderan, terpaksa harus molor hingga akhir Juli.
“Ya, menurut saya semua permintaan konsumen menjadi tantangan semua. Apalagi NMax ini baru pertama kita buat, tapi kalau sudah biasa ya mudah saja, sudah ada alurnya,” tambah dia.
Bengkel OM2S memang memiliki keahlian mengubah mesin dari 1 silinder menjadi multisilinder. Konsumen bebas memilih ingin berkonfigurasi L-Twin, V-Twin, atau Inline.
Nah, khusus untuk proyek Yamaha NMax ini dibuat 2-silinder dengan konfigurasi inline alias segaris.
Menurut Oji, bentuk bodi asli motor masih dipertahankan, untuk motor matik idealnya menggunakan 2-silinder. Sebab, jika lebih dari itu posisi mesin akan melebar jauh ke samping.
Kubikasi mesin NMax 2-Silinder melonjak 2 kali lipat
“Belum kita dyno, karena memang motor baru selesai dan masih tahap finishing dan kalibrasi. Tapi, kalau berpatokan dari proyek Mio 2-silinder, NMax ini tenaganya bisa naik 85 persen dan pasti torsinya juga,” paparnya.
Bicara ubahannya, Oji mengatakan ada penambahan pada bagian kruk as, dan silinder full set. Nah karena menggunakan 2 blok mesin otomatis komponen koil juga menjadi 2 unit.
“Tapi untuk spull masih pakai satu unit. Nah, kemudian pulser juga jadi 2 dan ECU tetap pakai 1 unit bawaan asli pabrik,” jelas dia.
Suara mesin
Beruntungnya, saat kumparan mengunjungi bengkel O2MS motor ini sudah hidup dan diperbolehkan untuk saya coba.
Saat pertama kali menekan tombol starter, suara gemuruh layaknya moge terdengar dengan jelas. Jika disimpulkan, suaranya hampir mirip-mirip motor 3 atau 4-silinder. Nah, sekilas suaranya juga mirip dengan Yamah T-Max 650 cc.
Suaranya bulat dan juga padat, berbeda jauh dengan suara NMax standar. Tak cuma suara yang bikin takjub, tarikan mesin motor ini juga jempolan.
Sesekali saya buka gas secara mendadak, roda depan mudah sekali terangkat. Ini dikarenakan torsi dari motor ini memang besar.
Gejala motor sulit dinyalakan pun tidak ada, sekali starter mesin motor hidup dengan mudah. Untuk impresi awal mengendarai NMax 2-silinder cukup menyenangkan.
Perawatan
Nah, karena kini menggendong mesin sebanyak dua buah, Oji menekankan agar pengisian oli harus diperhatikan. Selebihnya proses perawatan masih sama dengan motor umum yang lainnya.
“Paling penting sih oli, jangan samakan waktu keadaan standar, karena jika kekurangan oli bisa merusak mesin, seperti suara kasar dan asap yang keluar dari knalpot,” katanya.
Yamaha NMax 2-silinder garapan OM2S ini rencananya masih akan dilakukan pengecekan dan pengetesan kembali sebelum diserahkan kepada pemiliknya.
“Ini penting banget, kita setel, cek, dan kalibrasi ulang kalau masih ada yang kurang pas. Kita juga kasih garansi hingga 1 tahun,” jelasnya.
Editor : Aron
Sumber : kumparan