Penambahan harian kasus virus corona di Australia memecahkan rekor. Pada Kamis (30/7), terdapat 716 kasus baru di Negeri Kangguru.
Mayoritas kasus terdapat di Victoria. Victoria adalah negara bagian yang jumlah penduduknya terpadat di Australia setelah New South Wales.
Data dari Worldmeter, rekor nasional sebelumnya terjadi pada 22 Maret dengan penambahan kasus sebanyak 538.
Gelombang kedua virus corona ini berpusat pada sebuah panti jompo. Untuk mencegah makin meluasnya virus corona otoritas setempat memberlakukan lockdown di Melbourne, Ibu Kota Victoria, dan menutup perbatasan di Victoria.
“Saya jelas prihatin melihat angka-angka ini meningkat. Tidak terduga dalam beberapa hal ketika anda memiliki begitu banyak kasus dalam perawatan lansia,” kata Menteri Utama Victoria, Daniel Andrews kepada wartawan di Melbourne, seperti dikutip Reuters (30/7).
“Terlalu banyak orang yang tetap bekerja ketika mereka sakit atau sedang menunggu hasil tes (corona),” tambahnya.
Otoritas juga akan memperpanjang pembatasan sosial, mulai Kamis (30/7) warga tidak bisa lagi menerima tamu di rumah mereka.
Warga Melbourne juga wajib menggunakan masker ketika keluar rumah dan berada di tempat umum.
Selain di Victoria, virus corona sudah menyebar ke beberapa negara bagian lain.
Di Queensland pada hari Kamis (29/7) terdapat tiga kasus baru virus corona, dua di antaranya diyakini terjangkit virus saaat berada di Sydney, Ibu Kota negara bagian New South Wales.
Berdasarkan data dari Worldmeter, kasus corona di Australia sebanyak 16.298 kasus, dan 189 kematian.

 

Editor : Aron

Sumber : kumparan