Bakamla Republik Indonesia berhasil menangkap kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang diduga sedang mencuri ikan di Laut Natuna Utara, Minggu (26/7). Kejadian itu berawal saat Kapal Negara (KN) Pulau Dana-323 sedang berpatroli dan menemukan kontak KIA Vietnam sekitar pukul 11.00 WIB.
Awalnya, KN Pulau Dana-323 sempat mencoba berkomunikasi dengan kapal asing tersebut melalui radio VHF, namun tidak ada respons. KN Pulau Dana-323 lalu mendekat dan mencoba berkomunikasi dengan semaphore.
Saat mengetahui akan diperiksa, KIA Vietnam itu malah mencoba kabur dan melepaskan tanda jaring ikan untuk menghilangkan barang bukti. Karena merasa tidak bisa lepas dari kejaran KN Pulau Dana-323, KIA tersebut lalu membakar ban di buritan dan melakukan manuver zig zag yang membahayakan kapal-kapal lain yang melintas.
Aksi Heroik Kapal Bakamla RI, Sergap Kapal Ikan Ilegal Vietnam di Natuna (1)
Aksi Kapal Bakamla RI Sergap Kapal Ikan Vietnam di Laut Natuna Utara Foto: Dok. Istimewa
Karena panik, KIA tersebut juga berusaha menabrakkan diri ke kapal MV AKIJ OCEAN yang sedang melintas. Melihat hal itu, KN Pulau Dana-323 lalu menghubungi MV AKIJ OCEAN untuk memberikan peringatan.
Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Hananto Widhi lalu meminta Tim VBSS dan RHIB untuk melumpuhkan KIA tersebut. Setelah melakukan identifikasi, Tim VBSS mendekat ke lambung kiri KIA dan meminta KIA mematikan mesin.
Aksi Heroik Kapal Bakamla RI, Sergap Kapal Ikan Ilegal Vietnam di Natuna (2)
Aksi Kapal Bakamla RI Sergap Kapal Ikan Vietnam di Laut Natuna Utara Foto: Dok. Istimewa
Namun, KIA tersebut kembali berusaha kabur dan melakukan manuver yang berbahaya. Kapal tersebut, mencoba menabrakkan diri ke KN Pulau Dana-323.
Tembakan peringatan pun sempat dilontarkan, namun rupanya KIA Vietnam tersebut tetap berusaha kabur dan membahayakan Tim VBSS. Tim VBSS lalu melepaskan tembakkan ke anjungan KIA dan berhasil membuat kapal tersebut mengurangi kecepatan.
Setelah Tim VBSS berhasil merapat, mereka lalu mengumpulkan seluruh anak buah kapal KIA di haluan kapal. Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui, KIA tersebut telah memuat 2 ton ikan.
Saat ini, KIA Vietnam tersebut dan seluruh awaknya sudah dibawa ke Selat Lampa, Natuna, untuk diproses lebih lanjut.
Editor : Aron
Sumber : kumparan