Berencana menyusui bayi tercinta saat ia sudah lahir nanti? Bagus sekali, Moms! Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik yang dapat diberikan ibu kepada bayinya. Hal ini dinyatakan dengan tegas oleh WHO maupun para ahli kesehatan kandungan. Dengan menyusui, ibu bisa memberi bayi nutrisi yang paling lengkap dan paling sesuai dengan yang diperlukan si kecil demi tumbuh kembang yang optimal.
Proses atau kegiatan menyusui sendiri telah dibuktikan punya manfaat luar biasa bukan hanya bagi bayi tapi juga bagi ibu. Namun sayangnya, masih banyak calon ibu yang ragu untuk menyusui bayinya karena berbagai kekhawatiran. Salah satunya, khawatir bayi akan menggigit saat disusui dan rasanya sakit sekali.
“Aku tuh, pernah lihat sepupu yang sampai nangis-nangis, merintih kesakitan karena bayinya menggigit saat disusui. Katanya perih banget!” ujar Dian, seorang calon Ibu dari Jakarta Timur kepada kumparanMOM.
Santi di Depok, yang tengah hamil 6 bulan, juga senada. “Benar enggak sih, pasti akan gigit-gigit puting ibunya gitu bayinya pas nenen? Atau itu cuma kalau sudah tumbuh gigi, ya?” tanya Santi melalui Whatsapp Group Teman kumparanMOM.
Apakah Anda punya kekhawatiran yang sana dengan mereka? Bila ya, Anda perlu mengetahui faktanya.

Bayi yang Menyusu dan Disusui dengan Benar Tidak akan Menggigit

La Leche League International (LLLI) organisasi nirlaba yang menyelenggarakan advokasi, pendidikan, dan pelatihan terkait perawatan di 89 negara, menjelaskan fakta mengenai bayi menggigit saat disusui. Dalam laman resmi LLLI dijelaskan, bayi yang menyusu dan disusui dengan benar tidak akan menggigit puting susu ibu. Apa maksudnya menyusu dan disusui dengan benar?
Ya Moms, bayi perlu belajar menyusu dengan benar. Begitu juga ibu, perlu belajar cara menyusui. Ini sangat terkait dengan posisi tubuh maupun pelekatan bayi saat menyusui.

Ada Alasan Kenapa Bayi Mengigit saat Disusui

LLLI juga menjelaskan, bayi dapat menggigit selama sesi menyusui karena berbagai alasan. Antara lain ada gangguan, bayi tengah pilek, bayi alami infeksi telinga atau bayi sedang dalam tahap tumbuh gigi ketika mereka berusia sekitar 6 bulan. Namun tidak usah khawatir, bila bayi menggigit saat menyusui terkait beberapa alasan yang tersebut di atas ini. Semua ada solusinya dan bayi –berapa pun usianya, bisa belajar berhenti menggigit.

Apa yang Harus Dilakukan jika Bayi Menggigit

Ada beberapa hal yang dapat ibu lakukan segera untuk menghentikan bayi yang menggigit saat menyusu. Hal paling efektif yang dapat Anda lakukan adalah dengan tenang melepaskan bayi dari payudara dengan kelingking Anda.
Tetap tenang ya, Moms. Jangan panik, berteriak, menjerit, bergerak menarik secara tiba-tiba, atau memarahi bayi misalnya seperti “Aduh, sakit! Jangan gigit, dong!”
Berteriak atau jeritan tidak akan menghentikan bayi menggigit dan malah hanya akan menyebabkan masalah. Sebab bila ibu berteriak atau membentak, bayi bisa kaget, takut, terluka perasaannya, trauma hingga mogok menyusui. Lebih baik, perhatikan seksama mengapa bayi mengigit saat disusui dan cari cara mengatasinya dalam artikel berikut ini:
Nah Moms, selamat menanti kehadiran sang buah hati dan menikmati proses menyusui yang penuh manfaat untuk bayi maupun diri sendiri.
Editor : Parna
Sumber : kumparan