Produsen mobil sport asal Italia Lamborghini menambah varian baru di jajaran elektrifikasi. Lamborghini Sian Roadster -atap terbuka- resmi diperkenalkan pada Kamis (8/7/2020).

Lamborghini Sian sebelumnya diperkenalkan dalam ajang Frankfurt Motor Show 2019 yang hanya diproduksi 63 unit di dunia. Kini Lamborghini Sian tersedia dalam pilihan roadster alias atap terbuka tapi hanya dibuat sebanyak 19 unit.

Mengusung sistem hybrid, Lamborghini Sian Roadster mencangkok mesin V12 dan juga motor listrik 48 Volt membuat tenaganya makin buas. Betapa tidak, mesin V12 hasil pengembangan Lamborghini pada Sián mampu menghasilkan tenaga setara 785 daya kuda sekaligus menjadi yang terbesar sepanjang sejarah banteng Italia. Sián Roadster juga mendapat tambahan tenaga 34 daya kuda dari sistem hybridnya. Secara total Sian punya tenaga setara 819 daya kuda.

Supercapacitor tidak seperti baterai bisa langsung dicas dalam waktu yang lebih cepat dan bisa menarik energi seperti pada proses pengereman. Supercapacitor juga tidak gampang habis kapasitasnya seperti baterai, jadi bisa digunakan dalam jutaan kali pengisian energi.

Berbeda dengan mobil hybrid lainnya, Sian tidak menggunakan baterai. Sebagai penggantinya sistem listrik Lamborghini menggunakan supercapacitor yang diklaim bisa memiliki energi lebih besar dari baterai biasa.Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi ISR (Independent Shifting Roads) 7 percepatan ke penggerak 4 roda. Lamborghini Sián Roadster bisa berlari 0-100 km/jam dalam kurun waktu kurang dari 2,8 detik dan mencapai kecepatan maksimal lebih dari 350 km/jam.

Lamborghini Sian Roadster yang menggunakan platform Aventador SVJ ini bisa dikostumisasi sesuai dengan keinginan para pemiliknya di Lamborghini Centro Stile. Sebagai debut perdana, warna Blu Uranus sebagai perpaduan warna dari birunya langit dan hijau lapangan. Sedangkan pelek dengan kelir yang disebut Oro Electrum, sebagai warna yang dipilih Lamborghini untuk elektrifikasi.

Sayangnya Lamborghini tidak mengungkapkan berapa harga Sian Roadster. Mengutip Motor1, mobil ini diperkirakan mobil ini tembus di angka US$ 3,7 juta atau sekitar 53 miliaran. Tertarik beli? Sayangnya sudah telat, roadster paling buas ini sudah sold out.

Secara dimensi tidak banyak berbeda dengan Lamborghini Sian versi sebelumnya. Varian roadster punya panjang 4.980 mm, lebar 2.265 mm, dan tinggi 1.133 mm menggunakan sasis monokok karbon fiber sehingga memiliki bobot yang cukup ringan, meski tidak diungkap oleh Lamborghini.

 

Editor : Parna

Sumber : detikoto