JAKARTA – Mantan pelatih Liverpool Brendan Rodgers menilai kesuksesan The Reds meraih gelar dalam dua tahun terakhir tidak terlepas dari penjualan Philippe Coutinho.
Gelandang asal Brasil itu didatangkan Rodgers ke Stadion Anfield tahun 2013 dengan transfer 8,5 juta poundsterling. Lima tahun berselang, The Reds melepas sang pemain ke Barcelona dengan harga fantastis 142 juta poundsterling.

Dana besar dari hasil penjualan Coutinho membuat pelatih Jurgen Klopp leluasa bergerak membeli pemain untuk memperkuat tim. Pelatih asal Jerman itu kemudian membeli Virgil van Dijk (75 juta poundsterling), Alisson Becker (66 juta poundsterling), dan Fabinho (44 juta poundsterling).

Keputusan Klopp merekrut tiga pemain ini terbukti tepat. Tim kota pelabuhan menjelma jadi tim yang ditakuti dan sukses meraih gelar Liga Champions dan Liga Inggris musim ini.

Liverpool's Trent Alexander-Arnold, left, celebrates after scoring the opening goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Crystal Palace at Anfield Stadium in Liverpool, England, Wednesday, June 24, 2020. (Paul Ellis/Pool via AP)
“Uang yang mereka peroleh dari Philippe memungkinkan mereka membeli van Dijk, Alisson, dan Fabinho. Tiga pemain yang telah mengubah tim,” ujar Rodgers seperti dikutip dari Mirror.

“Mereka konsisten menjadi tim terbaik dan saya turut berbahagia untuk para suporter karena mendapatkan gelar setelah menunggu begitu lama,” ia menambahkan.

Rodgers juga memberikan pujian lain kepada skuad asuhan Klopp. Pelatih yang kini menukangi Leicester itu melihat Liverpool ibarat sebuah mesin yang berisikan para pemain berkualitas yang bermain di level tertinggi.

Pelatih yang sempat tiga musim menukangi Liverpool itu pun mengungkapkan sudah memberikan ucapan selamat kepada Klopp dan kapten tim Jordan Henderson.

“Saya mengirimkan pesan kepada Klopp dan Jordan Henderson, orang yang saya kenal dengan baik. Saya turut bahagia untuk mereka semua. Mereka juga punya pemilik klub yang layak dengan kesuksesan tersebut,” katanya.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia