JAKARTA – Setiap seniman punya banyak cara untuk menuangkan kreativitas mereka. Belakangan ini banyak seniman yang menjadikan makanan sebagai kanvas mereka dengan hasil yang keren.

Tak hanya menjadi penghilang rasa lapar saja, banyak makanan yang digunakan sebagai kanvas untuk menuangkan kreativitas bagi beberapa seniman. Hasil karyanya tak kalah indah dengan karya seni lainnya.

Misalnya seniman asal Korea Selatan yang menyulap donat menjadi karya seni keren yang bernilai. Kemudian ada juga pembuat kue yang merangkap sebagai seniman asal Jepang, di mana ia melukis dia tas kue-kue buatannya.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima seniman yang jadikan makanan sebagai kanvas mereka.

1. Lukisan Dari Bahan Makanan

Makanan Sebagai Kanvas

Jika biasanya para seniman menggunakan cat minyak untuk melukis berbeda dengan seniman bernama Jessie Bearden yang menuangkan kreativitasnya menggunakan makanan. Jessie punya cara yang unik dengan melukis menggunakan aneka buah-buahan.

Wanita berusia 26 tahun itu, handal dalam membuat lukisan potret wajah bintang Hollywood terkenal seperti Rihanna, Lady Gaga, hingga John Lennon. Jessie mengatakan bahwa makanan adalah sebuah wadah untuk menciptakan karya seni. Melalui Instagram @jessiebearden, ia mempublikasikan karya seni makanan yang dikenal sebagai ‘food art’.

Ide ini muncul karena awalnya Jessie merasa bosan melukis dengan cat, pensil atau alat sejenisnya. Sehingga dia mulai menggunakan bahan makanan untuk melukis karyanya. Tentu saja seniman asal New York ini berhasil memukau banyak netizen di internet.

2. Lukisan Dari Ikan Segar

Makanan Sebagai Kanvas

Selain makanan seperti cokelat dan buah, irisan ikan segar dengan aneka seafood lainnya berhasil disulap jadi karya lukisan yang indah oleh seniman asal Jepang bernama Mikyou.

Lewat Instagram @mikyoui00, ia mahir membuat lukisan dari sashimi yang tampa realistis dengan sentuhan daging ikan yang indah. Meski memiliki banyak karya seni yang indah, Mikyou ternyata belajar sendiri di rumah. Dia sendiri menamai hidangannya ini, sebagai salah satu masakan rumahan buatannya.

Dalam satu karyanya, biasanya Mikyou menggabungkan beberapa jenis ikan hingga aneka seafood lainnya. Agar semakin cantik, ia juga menambahkan buah, sayuran, hingga bunga. Uniknya semua karyanya ini bisa langsung dimakan lho.

3. Biskuit Oreo Jadi Kanvas Lukisan

Makanan Sebagai Kanvas

Tak hanya sashimi saja yang bisa disulap jadi lukisan indah, ada juga nih seniman bernama Tisha Cherry yang mahir melukis berbagai gambar lewat biskuit Oreo yang sangat kecil namun memiliki tampilan keren.

Biasanya Tisha menggunakan krim oreo putih dengan campuran bahan lainnya sebagai cat lukisannya. “Tiga tahun lalu saya memutar lalu membuka sebuah Oreo dan saya berpikir krimnya terlihat seperti Nike Dunk. Saya langsung jadi terobsesi mencoba banyak hal yang bisa dibuat darinya (Oreo),” ungkap seniman asal Amerika ini.

Menurut Tisha, pengaruh masa kecil bermain di restoran tempat ayahnya bekerja memberi keinginan untuk berkarya dengan makanan. Salah satu kreasinya ada lukisan pizza, poster film Jaws, kucing hingga kaleng sup tomat.

4. Galeri Seni Donat

Makanan Sebagai Kanvas

Jae Yong Kim adalah seniman asal Korea Selatan yang sukses menggelar berbagai pameran seni di Asia hingga Amerika. Kim dikenal dengan karya seninya yang unik karena melibatkan donat sebagai kanvasnya.

Ia mulai menghias donat sejak tahun 2010 lalu, kemudian di tahun 2012 dia berhasil membuat pameran seni pertamanya di New York. Kim mengaku bahwa dulu ia menggunakan donat sebagai tempat untuk mengetes warna sebelum ia melukis.

Namun akhirnya ia malah melanjutkan keahliannya melukis di atas donat. Semua karya seni donatnya dibuat langsung menggunakan tangannya, pola donatnya cukup beragam ada yang bentuk bulat, bergegerigi hingga bentuk bintang. Kim menjual satu buah donat buatannya dengan harga tinggi sekitar USD 950 (Rp 13,5 juta) tergantung motifnya.

5. Cake dengan Lukisan Terkenal

Makanan Sebagai Kanvas

Di Jepang banyak chef dan pembuat kue yang menuangkan kreativitas mereka lewat makanan. Salah satunya seperti Ran Kadobe yang mahir membuat kue sekaligus menirukan lukisan terkenal ‘Impression, Sunrise’ buatan Claude Monet.

Kadobe dengan mahir menirukan lukisan tahun 1872 itu dengan krim berwarna dan serta topping meringue. Hasilnya sangat mirip dengan yang asli, Ran mengaku bahwa sejak dulu ia selalu tertarik dengan lukisan ini dan akhirnya bisa membuatnya di atas buttercream cake miliknya.

Banyak netizen yang memuji hasil karyanya ini di Twitter, banyak bilang kuenya mirip seperti lukisan asli Monet. Ada juga yang berkomentar bahwa Ran mampu mengubah kue menjadi kanvasnya.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood