JAKARTA – Asus bakal meluncurkan ponsel gaming ROG 3 pada Juli mendatang di China bekerjasama dengan Tencent.
Hal ini diumumkan di laman media sosial China, Weibo. Namun, belum ada tanggal pasti peluncuran ponsel gim tersebut. Tahun lalu, Asus mengumumkan ROG 2 pada 22 Juli.

Masih belum jelas juga kapan ponsel ini akan meluncur di negara lain, seperti Indonesia.

Tencent Games bakal bekerjasama juga dengan Republic of Gamers di China. Bakal tersedia juga versi khusus yang dirancang Tencent khusus untuk ROG 3.

Peluncuran ini bakal bersaing ketat dengan peluncuran ponsel gim Lenovo Legion yang juga bakal meluncur bulan depan.

Bocoran spesifikasi
Rumor spesifikasi ponsel gim andalan Asus ini pun beredar. Kabarnya, ponsel ini bakal jadi yang pertama menjajal Snapdragon 865 plus.

Asus ROG 3 diperkirakan akan menggunakan layar Amoled 6,59 inci. Layar ini punya resolusi Full HD+ dengan 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9.

Diperkirakan bakal ada peningkatan refresh rate layar jadi 144 Hz dari sebelumnya 120 Hz di ROG 2. Jika hal ini benar diterapkan Asus, maka layar ROG 2 jadi salah satu layar paling responsif di pasaran. Layar ini juga akan disematkan pemindai sidik jari bawah layar.

Varian memori ponsel ini digadang-gadang akan menggunakan RAM 8, 12, dan 16 GB. Sementara untuk penyimpan internal (ROM) bakal menggunakan 128, 256, dan 512 GB, seperti dilaporkan GizmoChina.

Ponsel ini juga bakal dibekali baterai berkapasitas besar, 6.000 mAh. Lebih besar dari rata-rata baterai ponsel di pasaran yang ada di angka 5.000 mAh.

Untuk mengisi daya, ponsel ini diperkirakan akan menggunakan port USB-C di bagian kiri. Port ini juga bakal berguna untuk menyematkan aksesoris ponsel gim, seperti dilansir Indian Express.

Baterai sebesar ini pun bakal dilengkapi dengan pengisi daya cepat (fast charging) 30 W. Untuk sistem operasi, ponsel ini bakal menggunakan Android 10 dengan antarmuka ROG UI teranyar.

Urusan kamera, ponsel ini bakal menggunakan kamera 13 MP untuk selfie. Sementara di bagian belakang terdapat tiga kamera utama dengan resolusi kamera utama 64 MP.

ROG sendiri diperkenalkan berturut-turut pada 2018, 2019, dan 2020 untuk ROG 3. Namun, ROG 1 pada 2018 tidak masuk Indonesia.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia