JAKARTA – Beulacan merupakan makanan khas Aceh yang secara turun-temurun diwariskan oleh setiap keluarga di Aceh. Beulacan biasanya disajikan ketika hari-hari besar seperti pesta pernikahan, khitanan, maupun hari raya Islam. Namun, banyak juga yang menjadikannya menu makanan sehari-hari di rumah.
Untuk diketahui cara membuat beulacan ini dengan menggunakan beberapa bahan rempah yang ada di sekitar rumah kita dan pastinya mudah didapat. Bahan-bahannya antara lain, buah kelapa muda diparut, bawang merah, bawang putih,ikan asin, cabai rawit, kunyit , belimbing wuluh, garam, daun jeruk, serai dan daun pisang untuk membungkus.

Beulacan, wisata kuliner Aceh
Untuk proses pembuatannya sudah banyak tayang di media sosial dan kamu bisa ikuti cara pengolahannya cukup ketik kata kunci ‘cara membuat Beulacan Aceh’.

Biasanya banyak pedagang yang menjajakan panganan beulacan ini saat di bulan ramadhan. Mereka tersebar di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Banda Aceh juga wilayah Aceh lainnya. Rasanya yang nikmat cocok buat teman nasi saat berbuka puasa.

Untuk kamu pemburu wisata kuliner maka harus mencoba salah satu kuliner khas Aceh ini.

Editor: PARNA
Sumber: detiktravel