MANCHESTER – David De Gea selalu jadi sorotan karena performanya yang naik-turun. Apakah sudah saatnya, Manchester United mempercayakan pada Dean Henderson?

Terbaru, Manchester United bermain imbang Tottenham Hotspur 1-1 pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (20/6). Kiper MU, Savid De Gea disebut Roy Keane melakukan kesalahan karena tak mampu membendung tendangan keras dari Steven Bergwijn yang berujung gol untuk Spurs.

Sebenarnya, Setan Merah punya kiper yang cukup potensial. Namanya Dean Henderson, kiper asal Inggris yang masih muda berusia 23 tahun dan dipinjamkan ke Sheffield United sejak tahun 2019.

Dean Henderson cukup apik di bawah mistar. Dia pun mampu membawa Sheffield United ke peringkat tujuh klasemen Liga Inggris.

READING, ENGLAND - MARCH 03: Dean Henderson of Sheffield United celebrates his sides second goal scored by Billy Sharp (Not pictured) during the FA Cup Fifth Round match between Reading FC and Sheffield United at Madejski Stadium on March 03, 2020 in Reading, England. (Photo by Dan Istitene/Getty Images)

The Sun melansir perbandingan David De Gea dan Dean Henderson musim 2019/2020 ini. De Gea sudah bermain 30 kali di liga, sedangkan Dean Henderson sebanyak 29 kali.

Dean Henderson mencatatkan lebih banyak clean sheets, sebanyak 11 kali dan De Gea 8 kali. Total Saves Henderson juga lebih banyak, 81 berbanding 78.

David De Gea sudah kebobolan 31 kali, sementara Henderson lebih banyak dengan 25 kali kebobolan. Presentase penyelamatan Henderson juga lebih oke, 76 persen berbanding 71 persen dibanding David De Gea.

Kontrak peminjaman Dean Henderson akan berakhir di bulan Juni 2020 ini. Tapi kubu Sheffield United, sudah melobi Manchester United untuk memperpanjang masa kontrak si kiper.

Sementara David De Gea, kontraknya akan berakhir di tahun 2023. Belum ada konfirmasi lebih lanjut, apakah Manchester United akan menimang kembali Henderson atau tetap mempercayakan posisi penjaga gawang kepada De Gea.

Editor: PARNA
Sumber: detiksport